Tak Boleh Makan Durian Berlebihan

0
1202
MUSIM DURIAN: Salah satu pedagang durian di Tanjungpinang menunggu pembeli. f-suhardi/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – Musim buah durian sudah tiba. Durian merupakan buah yang lezat namun memiliki bau yang menyengat. Daging durian sangat lembut cocok untuk dipadukan dengan makanan maupun minuman. Namun siapa sangka dibalik kelezatannya, durian bisa sangat berbahaya bagi kesehatan. Untuk orang tertentu, durian tidak dianjurkan untuk dikonsumsi.

Masyarakat boleh mengkonsumsi buah durian. Asalkan, jangan mengkonsumsi buah durian yang berlebihan. Karena akan berdampak buruh pada kesehatan tubuh. kesehatan. Untuk orang tertentu, durian tidak dianjurkan untuk dikonsumsi. Masyarakat boleh mengkonsumsi buah durian. Asalkan, jangan mengkonsumsi buah durian yang berlebihan. Karena akan berdampak buruh pada kesehatan tubuh. Hal ini disampaikan dokter spesialis penyakit dalam RSUD Provinsi Kepri-Tanjungpinang, Fitri Ashadi kepada Tanjungpinang Pos, Selasa (11/7). Ada sembilan penyebab, apabila mengkonsumsi buah durian yang berlebihan.

Mulai dari mengkonsumsi buah durian bisa menyebabkan koletrol tinggi, bisa terkena diabetes dan hipertensi. Kemudian, mengakibatkan penyempitan pembuluh darah, penyakit ginjal, pencernaan hingga kematian jika buah durian dicampuri dengan minuman beralkohol ”Yang jelas gula tinggi terdapat di buah durian. Karena buah durian manis. Boleh saja makan buah durian, tapi jangan berlebihan,” imbau dia. Ditambahkan dokter spesialis penyakit dalam RSUD Provinsi Kepri-Tanjungpinang, Dwinita Vivianti, ia melarang masyarakat yang memiliki penyakit diabetes dan gastritis akut. Apalagi kadar gula yang diderita penyakit diabetes tinggi.

”Ini sangat membahayakan,” ucap dia. Ditambah lagi, masyarakat tersebut memiliki penyakit gastritis akut. Kalau memiliki penyakit tersebut, membuat perut perih, mual dan ingin muntah. Apapun yang berlebihan sudah jelas tidak baik. Sesuaikan dengan kebutuhan bukan keinginan. ”Berhentilah sebelum kenyang,” saran dia.

Duren Tembaga Paling Diburu Pedagang durian di Tanjungpinang menjamur sejak libur Lebaran Idul Fitri. Masyarakat Tanjungpinang dan Pulau Bintan sangat antusias berburu durian yang dijajakan pedagang musiman di Ibukota Kepri ini. Abun salah satu pedagang durian di Jalan Bakar Batu, menuturkan bahwa dirinya sering kebanjiran pengunjung yang ingin membeli durian. Menurut dia, satu hari mampu menghabiskan lebih dari ratusan durian.

”Paling banyak disukai durian tembaga,” ucapnya. Durian tembaga ini, disampaikan, Abun memang memiliki cita rasa sendiri.   Rasanya lain manis juga isi yang ada di dalam buahnya banyak. ”Kalau tanya soal rasa, ya jenis tembagalah yang paling enak,” bebernya. Sedangkan harga duren jenis tembaga satuannya di atas Rp 50 ribu sampai Rp 70 ribu satu biji.

”Kalau malam pengunjung yang membeli cukup ramai, apalagi disediakan tempat, langsung bisa di makan di sini,” tambahnya Ada jenis durian lainnya, yang harganya mulai dari Rp 20 ribu sampai Rp 100 ribu. Dijualnya, ada per biji ada juga per kilogram. ”Sampai saat ini berapa jumlah durian yang sudah dihabiskan, tidak terhitung mungkin sudah ratusan biji.Karena bulan ini dan bulan depan masih musin duren,” ucapnya.”Durian disini semua berasal dari Gesek dan Sekuning (Bintan),” tambahnya demkian. (ais) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here