Tak Dibantu Pemprov, Bintan Bangun 108 RTLH

0
327
BUPATI Bintan H Apri Sujadi menyerahkan bantuan sosial non tunai kepada warga kurang mampu, belum lama ini. f-istimewa/kominfo bintan

BINTAN – SUDAH hampir 3 tahun berjalan, Pemprov Kepri tidak membantu Pemkab Bintan, dalam menjalankan program rehabilitasi Rumah Tidak Layak Huni (RTLH). Tahun ini, Pemkab Bintan mengalokasikan anggaran Rp 2,67 miliar, untuk membangun 108 unit rumah warga kurang mampu.

”Tahun ini, tak ada info dari Pemprov Kepri, untuk membantu dan membangun RTLH di Bintan. Dulu juga tak ada bantu. Makanya, kami andalkan APBD Bintan saja, untuk program RTLH di tahun 2018 ini,” kata H Apri Sujadi, Bupati Bintan, Minggu (1/4) kemarin.

Pembangunan 108 unit RTLH dari anggaran Rp 2,67 miliar itu, tegas H Apri Sujadi, murni dari APBD 2018 Kabupaten Bintan. Program ini dijalankan sebagai bentuk kepedulian Pemkab Bintan terhadap warga Bintan, dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Bupati Bintan berharap, dengan diberikannya bantuan ini, setidaknya dapat membantu dan meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat.

”Kita akan berupaya agar banyak lagi warga yang menerima bantuan rehabilitasi RTLH ini, baik menggunakan anggaran APBD Bintan, maupun APBN (pusat),” tutur H Apri Sujadi.

Kepala Dinas Sosial Bintan Naharrudin mengatakan, pekerjaan rehabilitasi 108 unit RTLH itu dimulai, April 2018 ini. Total keseluruhan anggaran yang digunakan untuk membangun 108 unit RTLH berkisar Rp 2,67 miliar. Pembangunan dikerjakan secara swakelola. RTLH dibangun dengan ukuran rumah 5×6 meter, dengan target penyelesaiannya selama 60 hari.

Dari 108 unit rumah yang dibangun, Kecamatan Tambelan mendapat kuota lebih banyak, sebanyak 74 unit. Di Kecamatan Mantang mendapat alokasi 21 unit rumah, Kecamatan Bintan Utara 5 unit, Kecamatan Teluk Sebong 1 unit, Kecamatan Sri Kuala Lobam 5 unit dan Kecamatan Gunung Kijang 2 unit.

”Cuma itu, kemampuan anggaran kita tahun ini. Dari Pemprov Kepri belum ada kabar untuk membangun RTLH di Bintan,” tambahnya. (YUSFREYENDI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here