Tak Kantongi IMB, Tower Ponsel Disegel

0
399
TIM Satpol PP Bintan melakukan penyegelan tower telepon selular di Kelurahan Sei Lekop yang tidak mengantongi izin, Jumat (10/8) sore lalu. F-ISTIMEWA

BINTAN – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Bintan menyegel 1 unit tower telepon seluler (ponsel), milik salah satu operator di Kelurahan Sei Lekop, Kecamatan Bintan Timur, Jumat (10/8) sore lalu. Penyegelan tersebut dilakukan, karena pihak perusahaan tidak mengantongi Izin Mendirikan Bangunan (IMB).

Kasatpol PP Bintan Insan Amin melalui Kepala Bidang Penegakan Perda, Ali Bazar Marilau mengatakan, pihaknya sudah melakukan penyelidikan dan penyetopan pembangunan tower tersebut. Namun karena pihak perusahaan membandel tidak mengurus izin serta persetujuan warga sekitar, akhirnya tower tersebut disegel.

Baca Juga :  500 Keluarga Konstituen PKS Terima Santunan

”Towernya sudah nyaris rampung, sudah 95 persen pengerjaan. Harusnya sejak mulai membangun harus sudah ada IMB. Tower setinggi 50 meter yang berdiri di lahan PT GAS kini sudah disegel dan kami pastikan tidak ada aktifitas lagi sebelum mengurus izin,” sebutnya, Minggu (12/8) kemarin.

Ali merincikan, selain IMB, pelanggaran lain yang dilakukan oleh perusahaan adalah melanggar Peraturan Daerah (Perda) nomor 5 tahun 2011 tentang Retribusi Perizinan Tertentu. Kemudian, Perda Nomor 1 tahun 2011 tentang Pajak Daerah, Perda nomor 2 tahun 2016 tentang Ketertiban Umum.

Baca Juga :  Dalmasri: Persiapan MTQ Bintan Sudah Beres

”Pihak yang bertanggung jawab adalah PT Protelindo. Mereka membangun hanya bermodalkan surat keterangan persetujuan pembangunan dari Camat Bintan Timur, dan Lurah Sei Lekop. Seharusnya surat tersebut dilanjutkan hingga membuat IMB,” terangnya.

Ia menjelaskan, sebelum melakukan penyegelan, pihaknya sudah memanggil pihak pengelola tower. Namun pihak yang bertanggung jawab mangkir dari panggilan.

”Soal persetujuan warga juga belum lengkap, ini rawan konflik. Jadi, kami minta ini diselesaikan. Untuk itu pasokan listrik ke tower dari PLN kami putus, agar pengerjaan benar-benar selesai,” tambahnya. (aan)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here