Tak Pakai Masker, Wisatawan Disuruh Putar Arah

0
201
WARGA dan pemuda mengecek suhu tubuh pengunjung yang melintas di Desa Malang Rapat, Kecamatan Gunung Kijang.

GUNUNGKIJANG – Masyarakat Desa Malang Rapat Kecamatan Gunung Kijang melakukan pemeriksaan terhadap pengunjung maupun wisatawan, yang melintas di jalan desa tersebut. Bagi pengunjung menuju kawasan wisata Pantai Trikora yang tidak menggunakan masker, langsung diminta putar arah balik.

Tindakan dilakukan karena warga resah, akibat banyaknya kunjungan wisatawan yang berkunjung ke Pantai Trikora, saat libur lebaran hingga Rabu (27/5).

Muh Tisar tokoh masyarakat Desa Malang Rapat selaku koordinator pengamanan desa menjelaskan, aksi tersebut dilakukan untuk mencegah penyebaran Covid-19 di wilayah pariwisata lokal tersebut.

Baca Juga :  13 TKA Jadi Pekerja Kasar di Tanjunguban

”Kami juga was-was, ternyata kunjungan wisatawan lokal saat libur lebaran ini hampir sama banyak seperti tahun lalu. Jadi, warga ambil inisiatif melakukan ini,” sebutnya kepada Tanjungpinang Pos, Rabu (27/5).

Ia menjelaskan, bagi wisatawan baik roda 2 maupun 4 akan diperiksa suhu tubuh, kemudian wajib memakai masker. Jika tidak menggunakan masker maka diminta menggunakan masker, dengan membeli masker yang disediakan seharga Rp6 ribu per lembar. Bila tidak berkenan maka dipersilahkan putar balik arah.

”Kami sengaja menjual masker karena ini swadaya masyarakat, karena jika digratiskan anggaran memang tidak ada. Harga Rp6 ribu itu pun harga termurah, dan kami juga tidak ada memaksa,” jelasnya.

Baca Juga :  Bupati Serahkan Bantuan 40 Rumah

Ia mengatakan, dampak Covid-19 memang sangat memukul pelaku usaha kecil dan juga pekerja yang merupakan warga tempatan. Sepinya pengunjung membuat ekonomi drop dan banyak yang menganggur.

”Kami tak ingin ada Covid-19 di sini, kalau ada malah makin parah wilayah kami ini. Jadi masyarakat dan pemuda seperti Pemuda Pancasila juga kompak untuk bersama mencegah. Harapan kami agar ini lekas berlalu, agar anak-anak kami dan warga desa dapat bekerja dan berjualan seperti saat normal,” ucapnya. (aan)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here