Tak Pernah Sekolah, Diminta Masuk PKBM Saja

0
724
UJIAN: Siswa paket B saat mengikuti ujian nasional di Kecamatan Moro, Karimun. F-ALRION/TANJUNGPINANG POS

KARIMUN – PUSAT Kegiatan belajar masyarakat (PKBM) Moro Mandiri mendorong masyarakat yang tidak pernah mengecap dunia pendidikan untuk mengikuti sekolah paket di PKBM terdekat.

Tidak hanya itu, dorongan itu juga diperuntukkan bagi masyarakat yang tidak tamat sekolah. Hal itu disampaikan Ketua PKBM Moro Mandiri Zulkifli, Senin (22/5).

”Banyak manfaat yang didapat jika mengikuti sekolah paket, pengetahuan akan bertambah dan mendapatkan ijazah,” ujar Zulkifli.

Ia berharap, paradigma fungsi ijazah bagi yang sudah berusia tua harus dihapuskan. Menurutnya, kesempatan bekerja tidak tergantung usia. Bisa saja karena faktor kedekatan dengan masyarakat, sehingga masyarakat mendorong untuk mengikuti Pilkades atau ikut pemilihan legislatif.

”Sangat disayangkan, ketika kesempatan ada tetapi tidak dapat mengikuti karena ketiadaan ijazah. Untuk itu ia berharap masyarakat sebaiknya ikut mendaftar untuk tahun ajaran 2017 dan 2018,” jelasnya.

Selain itu, masyarakat yang ingin melanjutkan pendidikan paket bisa menghubungi Dinas Pendidikan (Disdik) Karimun menanyakan keberadaan PKBM di tempat terdekat. Saat ini, di Kecamatan Moro ada 42 warga ikut sekolah Paket B terdiri dari 29 Pria dan 13 orang perempuan. Belum lama ini, telah mengikuti ujian nasional paket B di SD Negeri 005 Moro, Desa Niur.

”Peserta yang mengikuti berasal dari Desa Keban, Kelurahan Moro, Desa Permai,” ungkapnya.

Bagi mereka yang tidak dapat membaca dan tulis, juga dapat mengikuti proses belajar. Zulkifli menambahkan, sampai saat ini masih ada warga yang tidak dapat membaca dan menulis.

“Hanya saja mereka tahu angka, dan saya menyarankan masyarakat untuk tidak perlu ragu, untuk belajar karena belajar tidak pernah mengenal batas usia,” tutupnya.(ALRION)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here