Tak Punya Lapas, Tahanan Menumpuk

0
798
AKBP Charles Panuju Sinaga

NATUNA – Karena tidak memiliki Lembaga Pemasyarakatan (LP), kini jumlah tahananan di Mapolres Natuna telah melebihi kapasitas. Untuk itu, pembangunan LP di Natuna menjadi kebutuhan mendesak. Kapolres Natuna AKBP Charles Panuju Sinaga mengatakan, dengan jumlah ruang tahanan saat ini, keberadaan tahanan sangat memprihatinkan. Mengingat ruang tahanan di Polres Natuna sudah melebihi kapasitas, dan dikhawatirkan akan terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

”Ini tidak bisa didiamkan, dan tahanan terus menambah. Sementara, kami hanya memiliki tiga ruang tahanan yang masing-masing berukuran 3×3 meter yang diisi 40 orang,” jelas Charles Panuju, kemarin. Ia menambahkan, kondisi tersebut seperti bom waktu yang akan berakibat tahanan melarikan diri atau meninggal karena sempit. Menurutnya, kondisi ruang tahanan saat ini menjadi beban pihaknya karena sistem penjagaan harus lebih ekstra.

Baca Juga :  Warga Nikmati Akses Internet Tercepat

”Sekarang jumlah tahanan mencapai 40 orang, jika nanti nambah lagi bisa dibayangkan betapa sempitnya ruangan sel,” ungkapnya. Charles menilai, di Natuna sudah selayaknya memiliki lapas. Jika tidak memungkinkan harus dibangun lapas, maka pihaknya harus ada penambahan ruang tahanan.

”Saya tidak pilih, kalau bisa bangun lapas itu lebih bagus. Kalau tidak bisa juga, kami minta dibantu untuk dibangun ruang tahanan tambahan. Kondisi ini sudah mendesak sekali,” tegasnya. Terkait rencana pemerintah pusat akan membangun lapas di Natuna, menurut Kapolres, itu hanya sekedar wacana.

Baca Juga :  Pergantian Tahun, Pedagang Raup Untung

Meskipun lahan sudah di persiapkan, namun faktanya sampai saat ini sebongkah batu dan pasir pun belum terlihat untuk pembangunan fisiknya. Ia pun sangat menyayangkan hal itu, karena pemerintah menganggap pembangunan lapas tidak masuk prioritas oleh pemerintah. (cr25)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here