Tak Zamannya Main Pukul, Kapolres Uji Sprayer Water Fire

0
414
KAPOLRES Bintan AKBP Boy Herlambang mengecek dan uji coba sprayer water fire, alat untuk memadamkan api sebagai pencegahan dini, di lokasi karhutla.f-yendi/tanjungpinang pos

Inovasi Pemkab dan Polres Bintan untuk Andil di Satgas Cegah Karhutla

Polres Bintan turut memprakarsai penyampaian deklrasi, serta pembentukan Satuan Tugas (Satgas) cegah pembakaran hutan dan lahan (karhutla), Kamis (15/8). Bahkan, Polres Bintan membikin satu inovasi untuk andil di Satgas cegah karhutla itu. Simak inovasi dari Polres Bintan ini.

KIJANG – DI lapangan GOR Demang Lebar Daun Kijang, semua jajaran Pemkab Bintan dan FKPD membacakan deklarasi pencegahan karhutla. Tak terkecuali dari unsur organisasi masyarakat (Ormas) dan OKP hingga petani.

Dalam deklarasi itu, semua pihak menyatakan siap mencegah dan menindak tegas pembakaran hutan dan lahan di wilayah Kabupaten Bintan. Setop kebakaran hutan, setop kebakaran lahan, Bintan bebas karhutla, Bintan Gemilang.

Baca Juga :  Bupati Beri Kemudahan Pelayanan Investasi

Deklarasi ini diucapkan dan bakal dilaksanakan, karena wilayah Bintan yang sudah terbakar cukup luas. Bahkan dari data BMKG Tanjungpinang, ada dua titik yang menjadi hotspot karhutla yang mencapai radius 1 kilometer, dari pantau satelit. Sedangkan di Sumatera, mencapai 250 hotspot.

Kebakaran hutan dan lahan terjadi akibat kesadaran manusia yang masih kurang, dalam upaya pencegahan. Kemudian, musim kemarau juga menjadi faktor terjadinya karhutla, walaupun hanya 1 persen. Sedangkan 99 persen karhutla terjadi, akibat ulah manusia.

Dalam upaya pencegahan karhutla, kini Polres Bintan sudah menyediakan alat inovasi baru. Sarana untuk pemadaman api ini, berupa modifikasi alat semprot pertanian (sprayer) yang dilengkapi mesin. Tujuan utamanya untuk memadamkan api sebagai upaya dini, sebelum lebih meluas. Biasanya, ketika api mulai hidup, orang yang memiliki kesadaran untuk memadamkan karhutla itu, menggunakan kayu atau sejenisnya dengan cara memukul.

Baca Juga :  Pembangunan Pendidikan Bintan Dapat ’Imbalan’

”Sekarang, tak zamannya main pukul (matikan api). Tapi, gunakan alat sprayer water fire ini,” kata Boy Herlambang sambil uji coba peralatan sprayer water fire, usai apel bersama pencegahan karhutla di lapangan GOR Demang Lebar Daun Kijang, kemarin.

Saat ini, alat pemadam api sprayer water fire, belum banyak diproduksi. Jumlahnya masih terbatas. Namun, di setiap Polsek jajaran Polres Bintan sudah disediakan masing-masing dua unit.

”Hari ini, ada 18 alat yang kita siapkan. Di Polsek, kita sediakan masing-masing 2 unit alat ini. Di Bintan, kita punya 5 Polsek. Selebihnya, kita siapkan di Polres,” demikian disebutkan Kapolres Bintan didampingi Wakapolres Kompol Dandung Putut Wibowo dan perwira lainnya. (YUSFREYENDI)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here