Takut Soal Bocor, Ujian Panwascam Digelar Serentak di Tiga Lokasi

0
841
UJIAN: Bakal calon Panwascam mengikuti ujian di Aula Kantor Camat Tanjungpinang Timur, Selasa (3/10).F-Andri Dwi S/TANJUNGPINANG POS

TANJUNGPINANG – Takut soal ujian bocor, Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) menggelar ujian tertulis untuk calon Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) secara serentak di tiga lokasi berbeda, Selasa (3/10).

Ketua Panwaslu Tanjungpinang Maryamah mengatakan ada 34 bakal calon anggota Panwascam mengikuti tes tertulis. Lokasi ujian tertulis sengaja dibagi tiga. Pertama di Aula Kecamatan Tanjungpinang Timur, Tanjungpinang Barat dan Kecamatan Bukit Bestari.

Di Aula Kecamatan Tanjungpinang Timur ada 10 orang yang mengikuti ujian tertulis. Di Aula Kecamatan Bukit Bestari ada 10 orang. Berbeda dengan di Aula Kecamatan Tanjungpinang Barat ada 14 orang yang mengikuti ujian tertulis.

Baca Juga :  PKB Pilih Maksimalkan Tatap Muka

”Kita sengaja melaksanakan tes tertulis secara serentak di tiga lokasi karena kita mencegah bocornya soal ujian,” kata Maryamah kepada Tanjungpinang Pos di Aula Kecamatan Tanjungpinang Timur, Selasa (3/10).

Sambung dia, soal-soal yang dikerjakan oleh calon Panwascam, dibuat oleh Bawaslu Provinsi Kepri. Panwaslu Tanjungpinang sendiri tak tahu sama sekali, materi apa saja di soal tersebut. ”Soalnya sama yang dikerjakan oleh peserta di lokasi pertama, kedua dan lokasi ketiga,” bebernya.

Kata dia, kemungkinan soal yang dikerjakan peserta terkait dengan UU Pemilu. Bisa juga terkait dengan dunia pengawasan pemilu atau pilkada. ”Soalnya kadang ada juga bermuatan lokal. Kalau tidak salah ada 100 soal pertanyaan yang akan harus dijawab peserta,” terangnya.

Baca Juga :  Golkar dan PSI Mendaftar ke KPU

Kemudian, 7 Oktober 2017 panitia akan mengumumkan siapa saja peserta yang lulus atau tidak lulus ujian tertulis. Dan, peserta yang lulus dan berhak menjadi anggota Panwascam akan diumumkan 16 Oktober mendatang.

“Nilainya, kita akan buat peringat satu hingga enam. Yang lulus ujian tertulis akan mengikuti ujian wawancara lagi. Dan, kita nantinya hanya mencari tiga orang saja yang lulus terbaik menjadi anggota Panwascam untuk pilkada Tanjungpinang,” sebut dia. (dri)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here