Tambang Timah Cemari Sumber Air Bersih PDAM

0
988
TINJAU: Pihak PDAM saat turun meninjau kelayakan air di Kolong Serayak, Kamis (4/5).F-TENGKU IRWANSYAH/TANJUNGPINANG POS

LINGGA – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Lingga meminta pihak Kecamatan Singkep melakukan pengawasan intensif terhadap keberadaan kolong Serayak di Kelurahan Dabo Lama.

Kolong Serayak berpotensi menjadi cadangan air bersih PDAM Lingga saat musim kemarau, untuk memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat.
Saat meninjau Kolong Serayak, pihak PDAM melihat langsung adanya aktivitas penambangan timah yang beroperasi di lokasi itu, Rabu (3/5).

”Tahun lalu kami juga menemukan aktivitas tambang itu, dan setelah kami laporkan akhirnya berhenti,” ujar Khaidir, Humas PDAM Lingga.

Baca Juga :  Tidak Hadir, Nama Pejabat Dicoret

Kali ini, aktivitas tersebut kembali beroperasi dan kini airnya telah tercemar dan tidak jernig lagi. Khaidir menjelaskan, setelah aktivitas tambang tahun lalu berhenti. Kualitas Air Kolong Serayak mulai membaik, dan kini kembali tecemar.

”Untuk membuat air kolong menjadi jernih kembali dan dapat diolah sebagai air minum, kita harus menunggu waktu hingga setahun,” jelasnya.

Pasalnya, air di kolong atau lubang besar sisa penambangan timah ini tidak mengalir. Sehingga menunggu air mengendap untuk menghasilkan air yang layak dikonsumsi.

Baca Juga :  Infrastruktur Lingga Utara Diprioritaskan

Untuk itu, pihaknya telah mencanangkan program cadangan air bersih dari Kolong Serayak setelah air gemuruh yang berasal dari Gunung Muncung.

PDAM telah mengusulkan pembangunan instalasi air bersih, hingga air dapat dialirkan pada masyarakat yang akan menjadi pelanggan.(TENGKU IRWANSYAH)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here