Tampilkan Budaya ASEAN di KSM 2017

0
554
MENARI: Salah satu peserta menampilkan tarian daerah di KSM tahun 2016 di Batam. f-dok/tanjungpinang pos

BATAM – Sejumlah negara ASEAN akan menampilkan budaya negaranya masing-masing di perhelatan Kenduri Seni Melayu (KSM) 2017 yang akan digelar, Jumat 17-19 November 2017 mendatang di Batam. Kegiatan yang akan dipusatkan di Lapangan Engku Putri Batamcenter itu, akan menghadirkan perwakilan dari negara-negara ASEAN seperti Vietnam, Brunai Darussalam, Malaysia, Thailand dan Singapura. Setiap negara akan menampilkan seni budayanya masing-masing.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Batam, Pebrialin, mengatakan, agenda tahunan itu dapat menarik wisatawan masuk Batam. Selain melestarikan budaya Melayu, juga untuk meningkatkan kunjungan wisatawan masuk Batam, terutama dari mancanegara. ”Ada 7 negara yang berpartisipasi dalam gelaran KSM ke-19 ini. Kami berharap bisa menarik ratusan wisman,” katanya, Rabu (1/11) di Batam.

Peserta yang hadir direncanakan sekitar 100-an orang. Sementara wisman, minimal ada sekitar 500 orang, utamanya dari peserta KSM. Diharapkan, selain rombongan peserta KSM, juga ada wisman dari berbagai negara, utamanya yang sedang singgah di Singapura dan Malaysia, menyeberang ke Batam untuk menonton KSM. ”Informasi yang kami terima, wisman dari Singapura sudah minta carikan hotel untuk kawan-kawannya yang ikut,” katanya lagi.

Batam sendiri akan menampilkan seni dan budaya. Seperti tari persembahan, tari kreasi dari penggabungan 10 sanggar di Batam. Selain itu, juga ada persembahan seni tari dan musik dari Tanjungpinang, sebanyak dua grup. Akan tampil juga penyair Kepri, seperti Ramon Damora, Amsakar Achmad, Samson dan lain-lainnya.

Pebrialin menambahkan, peserta KSM selain dari luar negeri juga akan ikut, Kepri, ada DKI Jakarta, Sumatera Barat, Riau dan Jambi. ”Selama kegiatan ada pagelaran seni budaya,” ungkapnya.

Diakuinya, kegiatan itu menjadi salah satu upaya Pemko Batam untuk melestarikan dan mengembangkan seni budaya Melayu. KSM ini merupakan yang digelar ke-19 kalinya. ”Tahun ini pesertanya berbeda. Kita kasih daerah lain untuk berpartisipasi secara bergiliran,” bebernya.

Saat KSM berlangsung akan ada penampilan kreasi seniman dari Asia Tenggara, bisa disaksikan masyarakat. Sementara dari Batam, akan tampil gabungan sanggar se- kota Batam. ”Saat opening, akan ada tampilan tari persembahan dan tari kreasi. Ada 10 sanggar yang tampil,” sambung Pebrialin.

”Rata-rata pertunjukan yang ditampilkan nanti ada tarian dan lagu. Dari Singapura ada sanggar tari, Thailand juga ada tarian, termasuk Brunai. Dari Vietnam ada lagu rakyat dan Malaysia ada pemain suling etnik modern,” imbuhnya.

Kegiatan itu juga diselaraskan degan kegiatan Wonderfull Batam, yang langsung bekerjasama dengan PKK dari 12 kecamatan di Batam. Sementara untuk pengunjung dari mancanegara, Dispar bekerjasama dengan travel.

”Dari peserta luar negeri yang tampil diperkirakan ada 100 orang yang datang ke Batam. Wisatawan kita tawarin hadir melalui agen travel. Kita juga ingin wisatawan nusantara hadir,” jelasnya seraya mengatakan, tahun lalu, KSM ke-18 digelar di parkiran Kepri Mall. (mbb)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here