Tampilkan Semua Adat Melayu di PPTMA

0
616
H Abdul Razak

TANJUNGPINANG – Ketua Lembaga Adat Melayu (LAM) Provinsi Kepri, H Abdul Razak mengatakan, Perhelatan Pemuliaan Tamadun Melayu Antarbangsa (PPTMA) tahun 2017 di Lingga harus dipersiapkan dengan matang. Sehingga, agenda yang dilakukan sempena Hari Jadi Pemkab Lingga ke-14 itu meriah dan pengunjung yang datang akan puas menyaksikannya.

Abdul Razak juga mengatakan, yang penting lagi, masyarakat akan tahu seperti apa budaya Melayu itu dengan menghadiri PPTMA nanti. Saat PPTMA ini, kata dia, semua tenyang adat Melayu akan ditampilkan. Ini juga pembelajaran bagi generasi muda agar lebih paham tentang budaya Melayu.

Baca Juga :  Perkuat Sinergi, Kodim Bintan Undang Lurah dan Camat

”Karena Kabupaten Lingga dijuluki sebagai Bunda Tanah Melayu, maka semua adat Melayu akan ditampilkan pada berbagai kegiatan nanti. Sehingga dengan sendirinya budaya Melayu akan lebih dikenal oleh masyarakat luar, baik itu di dalam negeri maupun di luar negeri,” jelasnya, Rabu (8/11).

Ia mengatakan, LAM Kepri sendiri mendapat peran di PPTMA untuk menggelar Festival Tari Persembahan, L dan Melayu yang akan digelar mulai, 19-21 November 2017.

”Kami sangat setuju dan mendukung kegiatan ini, karena dapat mengangkat budaya Melayu. Selain itu, kami juga berharap agar kegiatan ini tidak hanya dilakukan sekali saja. Kalau bisa dibuat jadwal yang tetap baik itu dalam tempo 2-4 tahun ke depan,” ungkapnya lagi.

Baca Juga :  Bangun Natuna, Minta APBN Rp 5,442 Triliun

Selain dihadiri pengurus LAM Kepri, kegiatan ini juga akan dihadiri semua pemerintah daerah termasuk Pemprov Kepri, kabupaten/kota, unsur budayawan, unsur seniman dan semua unsur Melayu terlibat dalam festival nanti.

Kegiatan tamadun ini juga sudah disetujui dan didukung Wakil Presiden RI Jusuf Kalla. Bahkan, Jusuf Kalla sendiri sudah dijadwalkan akan datang untuk menghadiri perhelatan akbar ini.

Rencananya, Wapres RI akan diberi gelar Datuk Perdana Mahkota Negara. Selain itu, kegiatan ini akan dihadiri oleh beberapa utusan dari negara serumpun yang berbudaya Melayu seperti Singapura, Malaysia dan beberapa negara lainnya.

Baca Juga :  Pendamping Dilatih Kawal Program Inovasi

Perhelatan Tamadun Melayu ini akan digelar, 17-26 November dan lokasi kegiatannya ada beberapa tempat seperti di Daik dan Dabo Singkep. Akan ada juga penyambutan serta tari kolosal bagaimana perjuangan Sultan Mahmud Riayat Syah (SMRS) saat PPTMA nanti. SMRS ini dianugerahi gelar Pahlawan Nasional, Kamis (9/11) hari ini di Istana Negara. (ayu rosmini)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here