Tampilkan Tarian Fatwa Jebat, Langsung Dapat Penghargaan

0
550
SUTARTO, Pembina Sanggar Sang Nila Utama bersama para penari usai menerima penghargaan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI di Jakarta. F-ISTIMEWA

Sang Nila Utama Wakili Kepri di AKBN

BINTAN – Sanggar Seni Sang Nila Utama Kabupaten Bintan mendapatkan penghargaan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI, usai mewakili Kepri pada ajang Apresiasi Komunitas Budaya Nusantara (AKBN) di Jakarta pada 23-26 Maret 2018.

Sang Nila Utama yang merupakan satu-satunya perwakilan Provinsi Kepri menampilkan tarian Zapin dan tari Melayu kreasi Fatwa Jebat. Sutarto, Pembina Sanggar Sang Nila Utama mengatakan, pihaknya yang hadir dalam kegiatan tersebut memamerkan kepada seluruh provinsi di Indonesia tentang kesenian tari di Kepri. Pada pertunjukkan tersebut ia membawa 7 orang penari dari Bintan. Tari kreasi yang ditampilkan mengangkat sinopsis fatwa Hang Jebat, yang merupakan pahlawan Melayu, dari Provinsi Kepri.

”Ini merupakan undangan khusus dari Kemendikbud. Kami sangat mengapresiasi dan kami langsung memamerkan tentang Provinsi Kepri yang merupakan wilayah yang kaya akan seni budaya Melayu,” katanya, Senin (26/3).

Ia mengatakan, pada acara AKBN tersebut, Kemendikbud juga menekankan pelestarian seni tari budaya di setiap provinsi dan lapisan pendidikan. Sehingga seni tari akan tetap lestari dan berkembang.

Selain mewakili Kepri di tingkat nasional pada acara AKBN, Sanggar Sang Nila Utama juga pernah mewakili Kepri di acara seni tingkat nasional pada tahun 2014 lalu dan mewakili Kepri di Tingkat ASEAN pada tahun 2016 lalu di Singapura. ”Alhamdulillah, kami dapat penghargaan,” ujarnya. (aan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here