Tamsir: UNBK SMP Tak Sistem Online

0
632
TINJAU KOMPUTER: Ketua PKK Bintan Hj Deby Maryanti Apri Sujadi dan Anggota DPRD Kepri DR Hj Susilawati SAg MEd meninjau sarana komputer untuk persiapan UNBK, beberapa waktu lalu. F-Yendi/TANJUNGPINANG POS

BINTAN – Tahun ini, pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) akan dicoba di lima sekolah menengah pertama (SMP) se-Bintan. Namun, pelaksanaan UNBK itu tidak dilaksanakan dengan sistem online.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Bintan Tamsir mengatakan pelaksanaan UNBK untuk siswa SMP akan digelar secara offline.

”Jadi sewaktu dimulai ujian, online-nya ketika men-download soal serta meng-uploud jawaban untuk dikirim ke pusat. Untuk pelaksanaan ujiannya memang dilakukan secara offline,” kata Tamsir di Bintan, Kamis (30/3).

Disdik Bintan menyebutkan, persiapan hingga menjelang pelaksanaannya pada bulan Mei nanti sudah 100 persen.

Lima sekolah menengah atas dan kejuruan (SMA/SMK) yang akan dipakai untuk pelaksanaan UNBK murid SMP pun, kata Tamsir sudah matang dari segi persiapan.

”Karena memang untuk tahun ini kita paksakan untuk melaksanakan UNBK. Meski belum didukung sarana dan prasarana memadai, kita coba memakai sarana di SMA/SMK yang sudah memadai,” akunya.

Disebutkannya, kelima SMP yang akan menumpang ujian itu antara lain SMPN 1 Bintan Timur pelaksanaannya digelar di SMAN 1 Bintan Timur, SMPN 2 Bintan Timur menumpang di SMAN 2 Bintan Timur, SMPN 6 Teluk Bintan pelaksanaannya digelar di SMAN 3 Teluk Bintan, SMPN 11 Sri Kuala Lobam menumpang pelaksanaannya di SMAN 3 Bintan Utara, serta SMP 20 Satu Atap di Gunung Kijang melaksanakannya di SMKN 3 di Pulau Pucung.

Ke depan, Tamsir mengatakan, pihak Disdik berupaya untuk melengkapi sarana dan prasarana yang diperlukan seperti perangkat komputer, jaringan internet serta kebutuhan lainnya dalam mendukung pelaksanaan UNBK di masa mendatang.

”Ini yang sedang kita upayakan pengadaannya di tahun berikutnya,” tambahnya.

Sedangkan untuk SMP yang tidak melaksanakan UNBK, tambah Tamsir, akan melaksanakan ujian berbasis kertas di sekolahnya masing-masing. Soal UN seperti biasa, dititipkan di setiap kantor polisi demi keamanan kertas ujian jelang pelaksanaannya nanti.

”Yang lain ujian seperti biasa, soal ujian dan kelengkapan lainnya akan dititip di setiap Polsek terdekat,” imbuhnya. (aan)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here