Tanjabtim Siapkan Rp 17 M Bangun Pulau Berhala

0
960
POTENSI WISATA: Pulau Berhala yang memiliki potensi wisata untuk dikembangkan.F-dokumen/tanjungpinang pos

LINGGA – PMERINTAH Kabupaten (Pemkab) Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim), siapkan Rp 18 miliar untuk realisasikan kerja sama bidang perikanan dan pariwisata dengan Pemkab Lingga.

Bupati Kabupaten Tanjungjabung Timur Romi Haryanto meyakini, kerja sama yang dirintis bersama Pemkab Lingga akan membawa manfaat yang besar bagi masyarakat Tanjabtim dan Kabupaten Lingga. ”Setelah beberapa kali menggelar rapat koordinasi dengan pimpinan OPD yang membidangi kerja sama ini, kami sepakat mengusulkan anggaran Rp 17 miliar untuk penyertaan modal pembangunan industri pengalengan ikan dan pembangunan sarana dan prasara di Pulau Berhala,” kata Romi Hariyanto usai mengikuti Sidang Paripurna Istimewa DPRD Lingga sempena HUT ke-14 Kabupaten Lingga, Senin (20/11).

Baca Juga :  Tiga Nama Unsur Pimpinan DPRD Diusulkan

Romi menjelaskan, selama ini pengunjung yang rutin berwisata ke Pulau Berhala adalah warga dari Kabupaten Tanjungjabung Timur. Sesuai kesepakatan yang tertuang dalam kerja sama, Pemkab Tanjabtim akan membangun berbagai sarana dan prasarana di Pulau Berhala.

”Ini murni dalam rangka mengembangkan Pulau Berhala, tidak ada maksud lain. Tidak ada sengketa atau upaya untuk mengambil alih Pulau Berhala. Sudah diputuskan Berhala milik Kepri,” tegas Romi.

Ia berpendapat, sebagai pimpinan di Kabupaten Tanjung Jabung Timur, ia bertanggungjawab atas kenyamanan masyarakat Tanjabtim dalam berwisata di Pulau Berhala.

Baca Juga :  Empat Buku Budaya Melayu Diterbitkan

”Sebenarnya, banyak manfaat yang kami dapatkan dalam kerja sama ini. Begitu juga dengan Pemkab Lingga. Tujuannya, cuma ingin meningkatkan PAD untuk kesejahteraan masyarakat bagi kedua daerah,” terang Romi.

Romi menegaskan, saat ini hingga seterusnya atas nama Pemerintah dan masyarakat Tanjung Jabung Timur akan menjadikan Kabupaten Lingga seperti saudara sekandung. Artinya, apabila Kabupaten Lingga tersakiti maka Tanjung Jabung Timur akan juga merasa tersakiti. ”Kami inginnya Lingga juga bisa menganggap seperti itu,” ucap Romi.

Sementara itu, Bupati Lingga H Alias Wello mengatakan, Kabupaten Lingga dan Tanjabtim sejak lama telah memiliki hubungan persaudaraan yang erat. Banyak keluarga masyarakat Tanjabtim yang berdiam di Lingga dan begitu juga sebaliknya.

Baca Juga :  Lingga-Tanjabtim Sepakat Kelola Pulau Berhala

Selain itu, selama ini hampir seluruh kebutuhan masyarakat Lingga didatangkan dari Tanjabtim. ”Dengan kerja sama yang saling menguntungkan ini. Kita optimis, ke depannya bisa bermanfaat bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat kedua daerah,” imbuhnya.(TENGKU IRWANSYAH)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here