Tanjungpinang Juara Lomba Masak Serba Ikan

0
446
Ketua PKK Tanjungpinang Juwariyah (tengah) melihat hasil peserta memasak menu ikan. f-istimewa

TANJUNGPINANG – Tanjungpinang meraih juara satu lomba memasak menu keluarga serba ikan tingkat provinsi Kepulauan Riau. Lomba memasak serba ikan yang digelar Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kepulauan Riau mengangkat tema ”Ragam menu masakan ikan, untuk menyehatkan masyarakat, mencegah stunting dan mencerdaskan anak”. Kegiatan dilaksanakan di Aula Asrama Haji Tanjungpinang, Kamis (24/10)

Juara kedua lomba diraih tim dari Kabupaten Bintan dan posisi ketiga Kabupaten Bintan.

Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Kepulauan Riau Hj. Rosmery Isdianto menyambut gembira dengan adanya kegiatan Lomba masak serba Ikan Tingkat Propinsi Kepulauan Riau.

”Kegiatan ini tentunya memikiki maksud dan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman masyarakat akan pentingnya konsumsi ikan dalam meningkatkan kualitas hidup,” ungkapnya.

Rosmery juga menyampaikan dalam sambutannya bahwa kegiatan lomba memasak serba ikan ini bertujuan untuk memperkenalkan keanekaragaman dan menampilkan masakan khas daerah berbahan baku ikan yang disajikan secara beragam.

”Saya berharap dengan adanya lomba masak serba ikan ini, dapat menumbuh kembangkan ekonomi kreatif berbasis kuliner ikan.

Serta dapat menjadi momemtum untuk memdorong masyarakat umumnya, dan ibu ibu rumah tangga pada khususnya agar terus berkreasi dalam mengembangkan atau menciptakan menu serba ikan,” harap Rosmery.

Rosmery juga mengatakan dengan konsumsi masakan berbahan baku yang berkualitas, diharapkan dapat mengatasi permasalahan gizi ganda, yaitu kekurangan dan kelebihan gizi yang selama ini terjadi.

”Seperti yang Pemerintah gencarkan saat ini yaitu mengenai Stunting, yaitu kondisi gagal tumbuh pada anak balita akibat kekurangan gizi kronis, sehingga anak terlalu pendek untuk usianya yang disebabkan oleh faktor gizi buruk,” tambah Rosmery.

Usai acara, Juwariyah Syahrul selaku Ketua TP PKK Kota Tanjungpinang juga mengatakan, bahwa tujuan dari kegiatan lomba masak ini adalah untuk memasyarakatkan gerakan makan ikan, selain itu untuk memotivasi masyarakat dapat membuat sajian bercitarasa tinggi pada olahan perikanan.

”Melalui lomba masak serba ikan ini, tentunya akan tercipta kreasi-kreasi masakan berbahan baku ikan yang menarik perhatian, mudah dalam pengolahannya serta bergizi tinggi,” ujar Juwariyah.

Dalam kesempatan ini Juwariyah bersyukur atas prestasi yang diraih oleh perwakilan PKK Kota Tanjungpinang yang berhasil meraih juara 1 menu keluarga dan juara 3 menu balita.

”Mudah-mudahan peserta yang mewakili dari Kota Tanjungpinang dapat terus meningkatkan kreatifitas dan cita rasa dalam memasak menu serba ikan,” tutup Juwariyah. (bas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here