Tanjungpinang Masuk Kota Layak Anak

0
721
BERMAIN: Anak-anak bermain di Taman Laman Boenda, Tepilaut. F-Raymon/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – Kota Tanjungpinang dan Batam masuk penilaian kota layak anak tahun 2017 dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA).

Hal ini diungkapkan, Ahmad Yani, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat Kota Tanjungpinang.

”Alhamdulillah Tanjungpinang masuk penilaian layak kota anak tahun ini. Kalau di Kepri hanya Tanjungpinang dan Batam. Informasi ini saya terima dari Kementerian PPPA,”kata Ahmad Yani, kemarin.

Mantan Kepala Dinas Kesehatan Kota Tanjungpinang, menjelaskan mulai besok, (hari ini, Senin, red), tim dari PPPA turun ke Tanjungpinang. Rencananya, Selasa (9/5), Wali Kota Tanjungpinang,H Lis Darmansyah akan memberikan audesi terkait Tanjungpinang kota layak anak.

”Banyak OPD yang terkait kotak layak anak. Salah satunya, apakah di puskesmas juga layak anak,” tegasnya.

Kemudian, apakah anak-anak di Tanjungpinang juga sudah memiliki akta kelahiran? Ini salah satu indikator kota layak anak.

”Pemerintah Kota Tanjungpinang terus berupa agar daerah kita ini kota layak anak,” tegasnya.

Kemudian, apakah Kota Tanjungpinang, juga tingkat kekerasan anak menurun atau meningkat. Untuk jadikan Kota Tanjungpinang kota layak anak, banyak elemen terlibat. Bukan hanya pemerintah daerah pihak swasta dan masyarakat itu sendiri.

Kata dia, pada tahun 2005 Kementrian Negara Pemberdayaan Perempuan menerbitkan kebijakan baru yaitu kebijakan Kota Layak Anak (KLA).
Yang melatarbelakangi kementrian membuat kebijakan ini adalah untuk mengakomodasi pemerintah pada tingkat kabupaten untuk mempercepat perwujudan Konvensi Hak Asuh Anak (KHA) dari kerangka hukum menjadi langkah real melalui berbagai macam kegiatan melalui cara dan strategi melalui program-program layak anak.

Tentu saja ini melibatkan berbagai institusi yang tekait hingga menyentuh lapisan paling bawah semisal tingkat Rukun Warga.

Sebelumnya, Anggota Komisi IV DPRD Provinsi Kepri Daerah Pemilihan (Dapil) Tanjungpinang, Yuniarni Pustoko Weny Kota Tanjungpinang akan menjadikan kota layak anak.

Banyak taman bermain untuk anak-anak di seluruh Posyandu dan Puskesmas, maka dampaknya akan terasa bagi anak itu sendiri. Selain berdampak terhadap anak, juga terasa keindahan di setiap Puskesmas dan Posyandu, serta terasa lebih nyaman.

Masih banyak kendala yang harus dihadapi untuk menciptakan itu semua, seperti lahan. Ia juga minta kepada pihak swasta, juga bangun penghijauan dan taman-taman.

”Dengan keindahan taman yang sudah dibuat pemerintah atau swasta maka masyarakat bisa merasa nyaman dan merasa Kota Tanjungpinang memang sudah bisa jadi kota layak anak,” tegasnya. (bas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here