Tanjungpinang Pemasok Ikan Bilis ke Pekanbaru

0
1501
IKAN BILIS: Aktivitas bongkar muat ikan bilis di Pelantar II. F-Raymon/TANJUNGPINANG POS

TANJUNGPINANG – Wilayah Kepri dikaruniai lautan yang luas, inilah yang membuat hasil tangkapan ikannya bertumpah ruah. Salah satu hasilnya yaitu ikan Bilis. Serta banyak jenis ikan lainnya yang menjadikan Kepri, khususnya Tanjungpinang menjadi pemasok ikan bilis ke Pekanbaru dan daerah lainnya.
Hasil pantauan Tanjungpinang Pos, Senin (5/6) terdapat beberapa penampung ikan bilis salah satunya di Pelantar II.

Ikan Bilis pelantar memang cukup terkenal di daerah Kepri, karena memang mempunyai rasa khas tersendiri dibanding dengan ikan Bilis daerah lain.
Ikan Bilis pelantar berasal dari daerah pulau, yang kemudian di tampung yang selanjutnya di jual ke sejumlah pasar dan dikirim kedaerah luar seperti Pekanbaru.

Proses pengiriman juga dari pelabuhan Pelantar II, Bilis di antar ke Pekanbaru sebanyak puluhan karung. Terlihat buruh bongkar muat sedang muat bilis ke kapal. Sedangkan buruh becak bolak balik dari gudang-gudang Pelantar KUD ke Pelabuhan Pelantar II mengantar bilis untuk dimuat ke dalam kapal.

Sumarno buruh pelabuhan Pelantar II mengatakan, tiga kali dalam sebulan ikan Bilis pelantar di kirim ke daerah Pekanbaru. Ada beberapa pemasok ikan bilis di Pelantar II. Diantaranya milik Heng Li, gudang bilis Serikat dan beberapa lainnya.

”Dalam satu bulan bisa tiga sampai empat kali ada kapal yang membawa bilis ke Pekanbaru,” katanya. Sementara Yeni ibu rumah tangga mengatakan, ikan bilis disini bagus kualitasnya serta rasanya juga enakdan terpenting harganya tidak lah terlalu mahal.

”Untuk satu kilo ikan bilis ukuran sedang saya beli Rp 110 ribu. Sedangkan untuk harga bilis yang kecil lebih mahal bisa sampai Rp 140 ribu hingga Rp 160 ribu,” ungkapnya. Selain itu, aksi borong ikan bilis juga sering terlihat di toko-toko di sepanjang jalan Pelantar II.

Rombongan wisatawan biasanya antusias memilih ikan bilis. Selain ikan bilis, udang kering dan sotong juga banyak dibeli. Termasuk juga aneka macam kerupuk yang berbagai cita rasa. ”Para wisatawan suka membeli di sini, karena harganya relatif murah dibanding daerah atau negara lainnya.

Lina, pemilik toko penjual ikan bilis kering dan lainnya, mengatakan, harga berbagai makanan kering yang dijualnya jauh lebih murah dibandingkan di daerah lain bahkan negara lain seperti Singapura. Ia menjelaskan, untuk ikan bilis dijual Rp 110 ribu, udang kering Rp140 ribu dan sotong kering Rp190 ribu per kilogramnya.

”Lebih murah dibandingkan di negara Asia lainnya,” terangnya. Ikan Bilis merupakan bahan makanan yang merupakan sumber protein dan kaya akan kalsium. Ikan Bilis memiliki kadar kalsium yang tinggi sehingga bisa digunakan untuk mensubstitusi telur, susu dan daging.

”Wisatawan asal Asia terutama Singapura dan Cina sangat menyukai makanan ini,” ungkapnya dan mengaku sering menerima para wisatawan Asia berbelanja disini. Ia menilai ketertarikan para turis belanja sangat wajar.Sebab harga yang murah dan cita rasa bilis dan jenis lainnya yang enak di Kepri. (cr27)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here