Tanjungpinang Pos Diverifikasi Dewan Pers

0
599
Verifikasi faktual: Tiga verifikator dari Dewan Pers dan SPS saat berada di Tanjungpinang Pos untuk melakukan verifikasi faktual, Senin (6/11).f-zakmi/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – Setelah lolos verifikasi administrasi sejak 2015 silam, tim verifikasi yang diutus Dewan Pers mendatangi kantor Tanjungpinang Pos, Senin (6/11). Tujuan tiga verifikator yang ditunjuk Dewan Pers dan Serikat Penerbitan Surat Kabar (SPS) ini ke Tanjungpinang untuk melakukan verifikasi faktual harian Tanjungpinang Pos.

Saat tiba di Tanjungpinang Pos, tiga verifikator, masing-masing Candra Ibrahim, Saibansyah Dardani dan Deden Rosanda disambut oleh GM Tanjungpinang Pos M Nur Hakim, Manager keuangan dan SDM, Ari Ristanti dan Wapimred Zakmi Kamsir.

Suasana verifikasi berlangsung cair. Apalagi Candra Ibrahim selaku ketua rombongan verifikator juga pernah menjadi General Manager Tanjungpinang Pos selama 3 tahun.

Baca Juga :  Kader NasDem Tanjungpinang Ikuti Sekolah Kader

Menurut Candra Ibrahim, salah satu syarat untuk diverifikasi faktual oleh Dewan Pers, harus terlebih dahulu lulus verifikasi administrasi di Dewan Pers. ”Untuk mengetahui lulus administrasi bisa dilihat di laman website Dewan Pres. Setelah lulus, perusahaan yang ingin diverifikasi mesti mengajukan surat permohonan untuk diverifikasi faktual. Untuk wilayah Kepri, ada tim yang terdiri dari tiga orang dari SPS yang ditunjuk oleh Dewan Pers untuk melakukan verifikasi faktual,” kata Candra yang kini menjabat sebagai Direktur Batam Pos.

Sementara, dua verifikator lain yakni Saibansyah Dardani merupakan Sekretaris PWI Kepri serta pimpinan redaksi batamtoday.com. Verifikator yang ketiga adalah Deden Rosanda yang kini menjabat sebagai General Manager koran Sindo Batam.

Baca Juga :  Pentingnya Pendidikan Kewarganegaraan

Selama verifikasi faktual berlangsung, tim verifikator ini ingin melihat dokumen dan kelengkapan perusahaan media masa yang dimiliki Tanjungpinang Pos.

”Ternyata 80 persen karyawan di redaksi Tanjungpinang Pos sudah mengantongi sertifikasi wartawan yang dikeluarkan oleh Dewan Pers. Bahkan, empat di antaranya sudah mengantongi sertifikasi utama, luar biasa,” sanjung Candra.

Setelah memeriksa langsung dokumen-dokumen perusahaan media masa yang dimiliki Tanjungpinang Pos, ketiga verifikator mengelilingi kantor Tanjungpinang Pos hingga lantai 3. ”Maaf, semua fasilitas dan perlengkapan, termasuk ruangan rapat akan kami foto satu per satu sebagai bahan laporan kami bahwa kami sudah melakukan verifikasi faktual,” ucap Saibansyah.

Baca Juga :  Besok, Syahrul Lantik 63 Pejabat

Sementara itu, General Manager Tanjungpinang Pos M Nur Hakim berterima kasih atas kedatangan tim. Menurut hakim, Tanjungpinang Pos sudah sejak pertama terbit sudah melengkapi dokumen-dokumen perusahaan pers agar media massa yang ia pimpin bisa menjalankan fungsinya secara profesional dan proporsional. (jek)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here