Tanjungpinang Punya 12 e-Warong

0
474
Antre KKS: Warga saat antre untuk mendapat Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) yang dibagikan oleh pegawai Kantor Pos Tanjungpinang, beberapa waktu lalu.. f-andri/tanjungpinang pos

Tempat 8.450 KK Belanja Gratis

Pemerintah pusat kembali memberi kemudahan bagi warga kurang mampu. Untuk membantu biaya sehari-hari warga kurang mampu yang jumlahnya 8.450 KK, pemerintah menyediakan 12 lokasi
e-Warong di Kota Tanjungpinang.

TANJUNGPINANG – Warga yang kurang mampu bisa mendapatkan sembako di e-Warong ini dengan batas belanja Rp 110 ribu setiap bulannya. e-Warong atau warung gotong royong ini akan dikelola oleh Pemko Tanjungpinang melalui Dinas Sosial (Dinsos). e-Warong ini akan ada di setiap kelurahan di Tanjungpinang.

”Kita merupakan daerah percontohan untuk menerapkan program bantuan pangan nontunai yang akan diterapkan di tahun 2018 mendatang,” kata Kabid Pemberdayaan Sosial dan Penanganan Fakir Miskin dari Dinsos Kota Tanjungpinang, Anthony kepada Tanjungpinang Pos, Senin (9/10).

Anthony mengatakan, yang menerima program ini dari keluarga kurang mampu, yang disebut keluarga penerima manfaat (KPM). Jadi, yang memanfaatkan e-Warong tersebut, hanya 8.450 KK saja. Di E-Warong itu tersedia beras, gula, minyak makan, tepung dan telur.

Nanti, mereka bisa belanja kebutuhan pokok menggunakan kartu yang diberikan dari pemerintah pusat. Kartu yang berbentuk seperti ATM akan diisi saldo sebesar Rp 110 ribu per bulan per KPM. ”Ini semua yang berikan dari pemerintah pusat. Kita di daerah hanya menjalankan program ini saja,” ucap dia.

Ia menjelaskan, e-Warong merupakan Kelompok Usaha Bersama (KUBE) yang dikelola oleh masyarakat. Karena pemerintah pusat yang akan mengeluarkan SK untuk mengoperasikan e-Warong tersebut.

”Bantuan dana hibah untuk renovasi e-Warong sebesar Rp 10 juta. Rp 20 juta lagi untuk mengisi bahan kebutuhan pokok di e-Warong itu,” sebut dia.

e-Warung ini direncanakan akan ada di Kelurahan Kamboja, Tanjungpinang Barat, Tanjungunggat, Sei Jang, Kampung Bulang, Tanjungpinnag Timur, Batu IX, Air Raja, Melayu Kota Piring, Bukit Cermin, Senggarang, dan Keluarahan Pinang Kencana.(ANDRI DS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here