Tanjungpinang Raih Penghargaan Kota Sehat

0
149
Walikota H Syahrul (dua dari kanan) Kadis Kesehatan Tanjungpinang Rustam (kanan) foto bersama dengan Wakil Bupati Anambas Wan Zulhendra (kiri) usai menerima penghargaan di Jakarta. f f-istimewa
Pemerintah Kota Tanjungpinang kembali menyabet penghargaan. Kali ini, Pemko Tanjungpinang meraih penghargaan kota sehat kategori Swasti Saba Wiwerda.

TANJUNGPINANG – Walikota Tanjungpinang H Syahrul hadir secara langsung mewakili masyarakat Kota Tanjungpinang menerima piagam apresiasi yang diberikan langsung oleh Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian. Acara berlangsung di Ruang Sasana Bhakti Praja, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Jakarta Pusat, Selasa (19/11).

Penganugerahan penghargaan itu berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK.01.07/Menkes/664/ 2019. Penghargaan diserahkan Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian disaksikan Menteri Kesehatan RI, Terawan Agus Putranto.

Penghargaan Swasti Saba Wiwerda merupakan Penghargaan kali kedua yang diperoleh Kota Tanjungpinang setelah pada tahun 2017 mendapatkaan Penghargaan Swasti Saba Padapa (Kualifikasi Pemantapan 2 Tatanan).

Penghargaan ini diperoleh setelah Kota Tanjungpinang melalui proses penilaian dan monitoring yang dilaksanakan yim dari Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. Hasil dari penilaian tersebut Tanjungpinang menerima penghargaan dengan Kategori Wiwerda atau masuk dalam kualifikasi pembinaan dengan cakupan empat tatanan Program Kabupaten dan Kota Sehat (KKS).

Usai menerima penghargaan, Walikota H Syahrul menyambut gembira atas kesuksesan yang dicapai oleh Kota Tanjungpinang dalam meraih penghargaan tersebut.

Ia juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh elemen masyarakat yang telah mendukung terciptanya Kota Tanjungpinang yang bersih terutama kepada Pengurus Forum Kota Sehat, para LSM Peduli lingkungan yang belakangan ini semakin eksis menciptakan suasana kota yang bersih.

”Penghargaan ini adalah milik masyarakat Kota Tanjungpinang, namun saya ingin momen ini dapat menjadi pemicu semangat dan motivasi kita semua agar tetap menjaga dan menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat. Semoga kedepan kita tetap mempertahan prestasi ini bahkan meningkatknya lebih baik lagi,” ujar Syahrul.

Syahrul juga menambahkan bahwa ia dan jajarannya akan selalu bersinergi dengan elemen yang ada di masyarakat. Dan meminta dinas terkait untuk tetap konsisten dalam menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat. Tujuanya, agar mampu mewujudkan Tanjungpinang sebagai Kota yang maju, berbudaya dan sejahtera dalam harmoni kebhinekaan masyarakat madani.

Menteri Kesehatan RI, Terawan Agus Putranto menjelaskan bahwa Program KKS bertujuan agar tercapai kondisi Kabupaten Kota bersih, aman, nyaman dan sehat untuk dihuni dan sebagai tempat bekerja bagi warganya. Sambung dia, dengan cara terlaksananya berbagai program-program kesehatan dan sektor lain sehingga dapat meningkatkan sarana, produktivitas dan perekonomian masyarakatnya.

Terawan juga berharap agar momentum, pemberian penghargaan ini memberi manfaat dan pemahaman yang sama akan arah dan kebijakan pembangunan kesehatan di seluruh Kabupaten/Kota di Indonesia menuju Indonesia Sehat. Turut hadir mendampingi Walikota Tanjungpinang, Ketua Umum Forum Kota Sehat Juwariyah Syahrul, Kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Tanjungpinang, Rustam, SKM, M.Si, Ketua Harian Forum Kota Sehat Kherjuli dan segenap pengurus Forum Kota Sehat Tanjungpinang. (ABAS)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here