Tanjungpinang Raih Penghargaan Kota Sehat

0
1023
CEK KESEHATAN: Warga saat menerima pelayanan kesehatan di Lapangan Gedung Gonggong, Tepilaut, belum lama ini.f-istimewa

TANJUNGPINANG – Pemerintah Kota (Pemko) Tanjungpinang untuk pertama kalinya meraih penghargaan Swasti Saba dari Kementerian Dalam Negeri bekerjasama dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

”Swasti Saba merupakan penghargaan tertinggi kota sehat di Indonesia,” kata Kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Tanjungpinang, Rustam, kemarin.

Kata dia di Kepri, hanya dua daerah yang menerima penghargaan Swasti Saba. Yakni Tanjungpinang sebagai kota sehat dan Bintan meraih sebagai kabupaten sehat.

Rencananya, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo didampingi Menteri Kesehatan Nila Djuwita F.Moeloek akan memberikan piagam penghargaan langsung ke kepala daerah peraih kota dan kabupaten. Rencananya diberikan penghargaan 28 November mendatang di Jakarta. ”Yang dinilai adalah lingkungan sehat pemukiman dan perumahan, sekolah sehat, RT dan RW sehat. Dan lokasi lainnya. Penghargaan ini digelar dua tahun sekali,” bebernya.

Baca Juga :  Kimia Farma Gelar Cek Kesehatan Gratis

Kata dia, Swasti Saba merupakan penghargaan tertinggi dalam lomba Kota Sehat yang digelar Kemenkes. Namun tahun ini digelar oleh Kemendagri kerja sama dengan Kemenkes. ”Swasti Saba merupakan penghargaan tertinggi Kota Sehat,” tegasnya.

Rencananya, penghargaan ini akan diterima langsung oleh Wali Kota Tanjungpinang H Lis Darmansyah.

Puskesmas Keliling
Untuk meningkatkan pelayanan, Dinas Kesehatan Kota Tanjungpinang menggelar puskesmas keliling di dua titik, Jumat kemarin. Pertama di gelar di kawasan Tanjungunggat dan kawasan Masjid Al Azhar Tanjungpinang. ”Pelayanan Puskesmas keliling sama dengan pelayanan puskesmas,” kata Rustam.

Baca Juga :  BNN Rehabilitasi 15 Pecandu

Ini dilakukan sambung untuk menjemput bola pelayanan kesehatan yang diberikan oleh pemerintah. (bas)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here