Tanjungsauh Dinilai Tak Potensial

0
829
PADAT: Aktivitas bongkar muat barang di Pelabuhan Batuampar Batam makin padat.f-istimewa

Pelabuhan Batuampar Berkapasitas 2 Juta TEUS

BATAM – Rencana pembangunan pelabuhan peti kemas dan alih kapal Tanjung Sauh dinilai tidak potensial lagi. Walau tidak disebutkan hal itu dampak dari pembangunan terusan Kra, namun Tanjung Sauh dinilai tidak potensial.

Pelabuhan Batuampar sendiri diakui masih memiliki kapasitas hingga 2 juta TEUS. Sementara aktivitas per tahun, masih sampai 750 ribu TEUS. Pernyataan itu dilontarkan Staf Khusus Deputi III Badan Pengusahaan (BP) Batam, Nasrul Amril, Jumat (2/6) di Batam.

Dijelaskannya, kegiatan kapal di Selat Malaka per tahun, 80 sampai 90 juta TEUs. Indonesia berkontribusi sekitar 8 juta TEUS dan Batam 500 sampai 800 ribu TEUS. ”Pelabuhan Batuampar masih bisa. Tanjung Sauh belum mendesak,” katanya.

Baca Juga :  Pengaturan Drop Off Dibahas Lagi

Selain belum mendesak kebutuhan, pembangunan pelabuhan transhipment sulit diwujudkan. Dinilai, antara potensi pemasukan dan pembangunan kurang seimbang. Sehingga saat ini diakui Tanjung Sauh yang menjadi proyek nasional dan dalam penanganan Bappenas, belum jelas kapan wujudnya.

”Tanjungsauh, masih proses yang belum tahu kepastiannya, walau studinya sudah selesai. Tapi logika untuk Tanjungsauh tidak masuk. Batam itu masih sanggup sampai dua juta. Tinggal optimalisasi alat saja,” kata dia.

Disebutkannya, untuk optimalisasi Pelabuhan kontainer Batuampar, perlu disiapkan alat otomatis. Selain itu perlu insentif, seperti di Singapura yang diberikan potongan biaya bongkar muat 50 persen. Tapi aktivitas dilakukan di tempat khusus di pelabuhan di Singapura.

Baca Juga :  Realisasi Pajak Belum Capai 50 Persen

”Untuk melayani bongkar muat, bukan hanya alat manual saja. Kalau mau bersaing yang harus dipersiapkan infrastruktur,” katanya. Persiapan peningkatan infrastruktur sedang dilakukan. Badan Pengusahaan menyiapkan crane yang mobile untuk menunjang kecepatan aktivitas bongkar muat. (MARTUA)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here