Tanjunguma Jadi Berkilau

0
66
Wali Kota Batam dan Kepala BP Batam kompak mewarnai dinding rumah warga di Tanjunguma untuk mewujudkan program Tanjunguma Berpelangi, Minggu (22/4). f-istimewa/humas pemko batam

BATAM – Peningkatan destinasi parawisata di Batam, terus dilakukan dengan keterlibatan warga dalam menyiapkan destinasi wisata baru di Batam. Salah satunya melalui pengecatan rumah yang bertajuk, Tanjung Uma berpelangi. Dimana, baik dinding dan atap rumah disana, dicat beraneka ragam warna.

Pengecatan ratusan rumah dipinggir laut, Tanjung Uma, Lubuk Baja itu, dilakukan, Minggu (22/4). Hadir pada kesempatan itu, Wali Kota Batam, Lukita dan Kepala BP Batam, Lukita. Walau menjadikan wilayah itu sebagai Tanjung Uma Berpelangi, namun status wilayah itu tidak akan berubah.

”Kita berharap dengan adanya kampung berpelangi ini, mendorong wisatawan mancanegara, tertarik datang. Wilayah ini dekat pelabuhan internasional, Harbourbay. Jadi dari kapal saat menuju Batam, sudah bisa lihat rumah warna-warni di Tanjung Uma,” harap Ketua panitia kegiatan pencanangan dan pengecatan Tanjung Uma Berpelangi, Nuratia.

Untuk tahap pertama, dilakukan pengecatan 100 rumah. setelah itu, nantinya akan ditambah 100 unit rumah lagi. ”Target awal 200 rumah,” ungkapnya.

Tahap pertama yang 100 unit rumah, dipilih yang di bagian pesisir atau paling dekat laut. Setelah itu, akan dilakukan pengecatan bertahap.

Targetnya empat atau lima bulan selesai dikerjakan. Selain itu, pihaknya juga fokus membuat beragam spot untuk selfie sebagai nilai jual kawasan itu. ”Akan dibangun rumah adat juga, lahannya dari tokoh masyarakat di sini,” imbuhnya.

Dengan menjadikan wilayah itu sebagai destinasi parawisata, maka pendapatan warga sekitar akan meningkat. ”Tanjung Uma berpelangi bisa menjadi pilot project yang nantinya bisa menular ke Kampung Tua lainnya,” harap Nuratia.

Di tempat sama, Wali Kota Batam, HM Rudi mengapresiasi kegiatan mendorong Tanjung Uma sebagai tujuan wisata. Menurutnya, rumah warna warni perlu diselaraskan dengan pembangunan infrastruktur. ”Pemerintah membantu dengan membangun jalan-jalan utama menuju kesini agar bagus. Sehingga wisman mudah dan senang datang,” harapnya.

Rudi juga mendorong masyarakat menyampaikan ide untuk meningkatkan daya tarik kawasan itu. Demikian juga dengan pelaku wisata. ”Kalau bisa berinovasi, cari ide lainnya yang bisa dikembang dengan mengandeng pelaku travel dan pelaku UKM,” imbau Rudi.

Sementara Kepala BP Batam, Lukita mengatakan, pihaknya mendukung kegiatan itu. Pihaknya juga membantu dan mendukung Pemko Batam dalam pembangunan. Diharapkan, rumah dengan konsep Tanjung Uma Berpelangi, penting dilanjutkan di daerah lain di Batam. ”Rumah berpelangi salah satu ide yang bagus untuk ditular ke Kampung Tua lainnya. Ini meningkatkan nilai jual parawisata kampung tua,” harap Lukia.

Sementara Wagub Kepri, Isdianto, menyatakan dukungan untuk Tanjung Uma Berpelangi. Diharapkan, Tanjung Uma Berpelangi akan mendorong kampung tua lainnya melakukan hal yang sama. Sebagai bentuk dukungan, Pemprov akan membantu Rp15 juta. ”Provinsi akan turut berpatisipasi mengakomodir guna menunjang sektor pariwisata. Provinsi akan memberikan bantuan uang sebagai bentuk dukungan,” kata Isdianto di sela-sela acara pengecetan kemarin.(MARTUA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here