Tanpa Tujuan, Turis India Dipulangkan

0
481
PENUMPANG kapal antre saat petugas Imigrasi memeriksa mereka yang baru tiba di pelabuhan SBP Tanjungpinang, baru-baru ini.f-istimewa

TANJUNGPINANG – Imigrasi pelabuhan internasional Sri Binta Pura (SBP) Tanjungpinang menolak seorang WNA asal India, pekan lalu. Turis ini dipulangkan, karena tanpa tujuan, saat masuk ke Tanjungpinang (Indonesia).

Kepala Pos Imigrasi Pelabuhan Internasional Daniel menyebutkan, dalam Minggu ini ada satu warga negara India dipulangkan, karena tidak layak masuk ke Tanjungpinang. ”Kita langsung pulangkan ke negara asal, dengan menggunakan kapal yang sama dengan asal yang sama,” katanya Selasa (31/7) kemarin.

Daniel mengatakan, penolakan masuk ini dikarenakan WNA ini tidak bisa memberikan penjelasan maksud dan tujuannya datang ke Tanjungpinang. WNA ini juga tidak bisa menunjukkan dimana dia akan menginap, berapa hari tinggal di Tanjungpinang. ”Maka kita lakukan penolakan masuk. Kita juga menilai dari penampilannya saat masuk ke Tanjungpinang. Penampilannya tidak layak,” sebutnya.

Baca Juga :  Harga Sayur di Pasar Bincen Turun

Daniel menuturkan, pihaknya menolak kedatangan WNA tersebut, guna menghindari masalah. Lebih baik dilakukan pencegahan, terlebih dahulu. ”WNA India ini datang ke Tanjungpinang melalui Singapura,” ungkapnya.

Daniel menjelaskan, lonjakan penumpang jalur internasional belum, setiap kapal yang datang berkisaran penumpang 17 hingga 25 orang penumpang. Selain itu, pihaknya belum ada menemukan warga negara yang dicekal untuk keluar negeri, yang menggunakan pelabuhan Sri Bintan Pura.

”Terjadinya lonjakan itu dihari hari libur, kebanyakan warga kita pergi untuk berlibur,” ujarnya. (ray)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here