Target PAD Bintan Naik Rp 30 Miliar

0
372

KIJANG – Pemkab Bintan melalui Badan Pengelolaan, Pendapatan Pajak dan Retribusi Daerah (BP3RD) Bintan menaikkan target Pendapatan Asli Daerah (PAD), pada tahun 2018 ini. Jika tahun 2017 lalu tercapai Rp 198 miliar, tahun 2018 diproyeksi sebesar Rp 228 miliar.

Kepala BP3RD Bintan Yuzet menjelaskan, pihaknya akan bekerja sama dengan Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) untuk penggalian potensi pajak di Bintan. Terutama pajak dari Wajib Pajak (WP) perhotelan dan restoran. Karena, Bintan memiliki potensi pariwisata yang cukup besar.

”Iya, tahun 2018 ini kita naikan pengumpulan PAD itu Rp 30 miliar, dibandingkan 2017 lalu. Tahun ini, kita proyeksikan Rp 228 miliar,” jelas Yuzet di sela peninjauan kegiatan pembangunan tugu adipura di Kijang, baru-baru ini.

Kerja sama dengan BPK dalam pungutan pajak itu, jelas Yuzet, untuk menghitung secara ril. Agar, pajak yang dibayarkan sesuai dengan pendapatan per bulannya.

Menurutnya, realisasi pencapaian target PAD pada tahun 2017, sudah maksimal. Selain pajak perhotelan, PAD juga dipungut dari Pajak Bumi dan Bangunan (PBB). Selama ini, masih ada potensi PBB yang belum dipungut. Karena, pemilik lahan di Bintan, justru banyak yang tinggal diluar Bintan.

”Mereka di luar Bintan ini, masih banyak yang tidak bayar PBB. Ini yang kita maksimalkan nantinya. Kita optimis target PAD Rp 228 miliar ini, bisa tercapai,” jelas Yuzet. (fre)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here