Target Pemilih di Pemilu Serentak Naik 10 Persen

0
169
KETUA KPU Anambas ketika menyerahkan DPT kepada Komisioner Panwaslu Anambas. F-ISTIMEWA

ANAMBAS – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPU) Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) menargetkan untuk partisipasi pemilih akan mengalami peningkatan pada Pemilu Legislatif 17 April 2019 mendatang.

Target yang dimaksud, sekitar 80 persen dari jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang sebesar 30.478.

Jupri Budi selaku Ketua KPUD KKA mengatakan, target yang ditetapkan tidak muluk-muluk karena pada Pemilu sebelumnya di tahun 2014 partisipasi pemilih mencapai 70 persen.

”Kita tidak muluk-muluk menetapkan target tersebut, karena hanya naik sekitar 10 persen dari Pemilu tahun 2014,” ujar Budi, Kamis (30/8) lalu.

Menurut dia, sejumlah langkan telah dilakukan untuk meningkatkan partisipasi pemilih ini. Salah satunya adalah dengan sosialisasi yang intens.

”Kita akan terus laksanakan sosialisasi kepada pemilih, serta memberikan pemaham pentingnya memberikan hak pilih pada Pemilu dan Pilpres mendatang,” jelasnya.

Keyakinan pihaknya, lanjut Jupri Budi, juga kepada pemilih Milenial yang ada di Anambas. Sebab, mereka cerdas dan paham pentingnya memberikan hak pilih.

Bukan hanya itu saja, tambah dia, pemilih Milenial dalam menentukan hak pilihnya akan memilih figur yang tepat dengan memberikan program-program yang mampu memberikan warna dalam pembangunan.

”Pemilih milenial ini yang kita yakini mampu memberikan suaranya, kepada figur calon yang potensial dan memiliki program dalam pembangunan,” ungkapnya lagi.

Disinggung terkait akan terjadinya politik uang pada pemilu yang akan datang, dengan tegas Budi mengaku optimis hal ini dapat diminimalisir.

Dengan telah dijadikannya Panwaslu menjadi Badan tentu kewenangan yang dapat dilakukan dapat makin besar.

”Untuk memberantas politik uang itu tidak dapat dilakukan sendiri namun semua stakeholder harus dapat bersama-sama agar hal ini tidak terjadi lagi,” katanya.

Sebelumnya, KPU Anambas telah mengumumkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk Pemilihan Umum Legislatif (Pileg), dan Pemilihan Presiden (Pilpres) 17 April 2019 di Kabupaten Kepulauan Anambas sebanyak 30.478 orang.

Dengan estimasi pemilih Laki-laki sebanyak 15.702 orang, dan pemilih perempuan sebanyak 14.776 orang.

Jupri Budi mengatakan, sebelum penetapan DPT telah dilewati sejumlah proses sampai akhirnya pleno penetapan dilaksanakan.

”Sebelum kita tetapkan DPT melalui pleno, terdapat sejumlah proses baik itu dari tingkat desa maupun Kecamatan,” demikian disampaikan Budi, saat Pleno terbuka Tentang Rekapitulasi Perbaikan Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) dan Penetapan Daftar Pemilih Tetap Pemilihan Umum tahun 2019 tingkat Kabupaten, Senin (20/8).

Pada Pemilu tahun 2019 mendatang, kata Budi, pleno hanya akan dilakukan di tingkat kabupaten, provinsi dan pusat.

Budi menambahkan, untuk Dapil I yang terdiri dari tiga Kecamatan yakni Kecamatan Siantan, Siantan Timur dan Siantan Selatan jumlah DPT sebanyak 13.275 orang dengan TPS 63 dan akan merebut 9 kursi di legislatif.

Sementara, untuk Dapil II yang terdiri dari dua kecamatan yakni Kecamatan Palmatak dan Siantan Tengah Jumlah DPT nya 1.0618 orang dengan Jumlah TPS 53 yang akan memperebutkan 7 Kursi di legislatif.

”Sedangkan Dapil III yang terdiri dari Kecamatan Jemaja dan Jemaja Timur Jumlah DPT sebanyak 6585 dengan jumlah TPS 34 dengan kursi di legislatif 4 kursi,” pungkasnya. (end)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here