Targetkan Swastisaba Wistara, Hj Deby Motivasi Kaum Ibu

0
464
KETUA Forum Kabupaten Kesehatan Bintan Hj Deby Maryanti Apri memperhatikan kualitas usaha rumah tangga kaum ibu, di stan bazar Kijang, baru-baru ini.f-istimewa

KIJANG – Pemkab Bintan menargetkan bisa menerima penghargaan Kabupaten Sehat nasional kategori swastisaba wistara (pengembangan) tahun 2019, dari penilaian tahun 2018 ini. Direncanakan, Menteri Kesehatan RI Prof DR dr Nila Djuwita F Moeloek SpM akan meninjau dan menilai Kabupaten Bintan, tahun 2018 ini.

Ketua Umum Forum Kabupaten Sehat Kabupaten Bintan Hj Deby Maryanti Apri menyampaikan, Bintan telah mendapatkan penghargaan Kabupaten Sehat tingkat nasional tahun 2017 dengan kategori Wiwerda (pembinaan). Tahun 2019 nanti, FKS Bintan bersama Pemkab Bintan menargetkan bisa mendapatkan penghargaan Kabupaten Sehat kategori swastisaba wistara (pengembangan).

Baca Juga :  Pekerja Pertamina Di-tracing, Pengawasan Lobam Diperketat

”Semoga Bintan bisa mendapat penghargaan Kabupaten Sehat tingkat nasional di level yang lebih tinggi,” ujar Hj Deby Maryanti, di sela meninjau hasil kerajinan pelaku industri rumah tangga, di Kelurahan Kijang Kota, baru-baru ini.

Deby berharap agar Pemkab Bintan dan masyarakat Bintan serta FKS Bintan, secara pro aktif melakukan langkah-langkah terkini. Untuk mendapatkan penghargaan itu, sedikitnya 5 hingga 9 tatanan harus dipenuhi. Seperti kawasan permukiman, sarana dan prasarana umum sehat, kawasan sarana lalu lintas tertib dan pelayanan transportasi, kawasan pertambangan sehat , kawasan hutan sehat, kawasan industri dan perkantoran sehat, kawasan pariwisata sehat, kawasan pangan dan gizi, kehidupan masyarakat sehat yang mandiri dan kehidupan sosial yang sehat.

Baca Juga :  Berkibar Putih-Merah di Kijang, Kok Bisa?

”Kalau itu tercapai, insya Allah bisa raih penghargaan Kabupaten Sehat nasional yang lebih tinggi pada tahun 2019 nanti. Karena, penilaiannya tahun 2018 ini,” jelas Deby.

Selain peran pemerintah, masyarakat dan FKS tingkat kecamatan melalui Pokja di desa/kelurahan juga diharapkan dapat lebih aktif. ”Ada sekitar 14 kelurahan dan 29 desa yang kita libatkan, melalui kegiatan-kegiatan yang memenuhi 9 tatanan tersebut,” tambahnya.

Selain itu, Hj Deby Maryanti juga terus mendorong usaha rumah tangga di Kijang, Bintan Timur dan kecamatan lainnya. ”Kaum ibu tak hanya peduli dengan kesehatan. Tapi, harus mandiri dan tetap jalankan kegiatan kerajinan maupun usaha bisnis rumah tangga,” tambah Hj Deby. (fre)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here