Tarif UWTO Bikin Bahaya

0
513
Gedung BP Batam di Batamcenter.f-istimewa

UWTO hancurkan Batam dan Kepri. Lebih baik BP Batam dibubarkn scepat nya sbelum Batam/Kepri jdi hancur. Wapres JK cepat atasi dong sbelum investor pd hengkang smua.
+6285264940304

UWTO Bikin Resah
MBS.PEJABAT KEPRI,Gub.Nurdin Basirun dan Rudi Wali Kota Batam resah karena kalangan pengusaha Batam mau tutup sebab Badan Pengusaha (BP) dulu namanya Otorita Batam mau naikkan uang wajib pajak (UWTO) semena mena. Barangkali dia punya kebijakan untuk masukkan devisa negara yg sdg kering saat ini. Sebagai mana ditulis Kolom Mimbar Bebas koran ini berapa waktu lalu, kenapa dia tak usulkan ke pusat untuk pungut pajak barang barang inpor masuk ke Batam?.Selama ini Bea Cukai pungut bea masuk kepada pedagang yg belanja di Batam sama2 dlm negeri?. Ini kan aturan /peraturan terbalik yg merugikan rakyat kecil dan menguntungkan importir besar yg punya sistim monopoli(Impor brg pangan blh buat saya sendiri org lain ditangkap dan disita barangnya).Ini aturan/peraturan tidak adil terhadap sesama WNI.Agar jadi PR bagi pejabat terkait.
+6281364252006

TANGGAPAN:
Keluhan dari dunia usaha maupun investor soal rumitnya mengurus perizinan di Batam akhirnya segera diakomodir. Dualisme pemerintahan di Batam akan berakhir. Urusan perizinan usaha bakal semakin mudah.

Baca Juga :  Prioritaskan Pembangunan Pelabuhan

Harusnya putusan pemerintah pusat tersebut dilakukan sejak lama. Sebab, selama ini keluhan-keluhan rumitnya mengurus perizinan di Batam sudah datang dari berbagai kalangan.

Selama ini, posisi pemerintah pusat juga tidak tahu arahnya kemana, apakah ke Pemko Batam atau ke Badan Pengusahaan (BP) Batam. Presiden Joko Widodo akan menghilangkan dualisme pimpinan di Batam.

Selama ini, Batam ibarat kapal yang dinakhodai dua kapten. Dua kapten punya persepsi masing-masing. Apabila pemerintah pusat nantinya menjadikan pimpinan di Batam hanya satu, maka iklim investasi dinilai bakal semakin baik.

Baca Juga :  Beras Raskin Berdebu dan Bau

Putusan pusat tersebut, akan menguntungkan bagi banyak pihak baik itu pemerintah terutama swasta atau kalangan pengusaha.

Bagi pemerintah, untungnya nanti adalah, investor makin tertarik ke Batam dan membuka banyak industri baru. Otomatis menyerap tenaga kerja, pengangguran akan berkurang dan pasti ada pendapatan masuk ke kas daerah.

Kalau investasi makin banyak, ekonomi makin bagus. Pengangguran berkurang. Saya sangat setujui. Wajar kalangan dunia usaha mengeluh soal perizinan. Sebab, mereka harus mengurus izin di Pemko, mengurus izin di BP Batam, belum mengurus izin ke pusat.

Baca Juga :  Tradisi Setor ke Atasan

Sementara, semua negara saat ini mengurangi birokrasi perizinan. Kita ingin perizinan itu efisien. Jangan membebani kalangan dunia usaha. Kalau jadi (mengakhiri dualisme), maka perizinan cukup satu pintu. Bukan dua pintu lagi. Saya belum bisa memastikan seperti apa pemerintah pusat mengakhiri dualisme pemerintahan di Batam. Mungkin BP Batam tetap ada, namun pimpinannya Wali Kota Batam. Kalau pastinya, pusat yang tahu. Tapi akan lebih efisien. BP punya pegawai, Pemko punya pegawai. Yang dilayani sama. Kenapa harus ramai-ramai. ***

H Nurdin Basurun
Gubernur Kepri

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here