Taspen Layani 7.700 Pensiunan PNS se-Kepri

0
1526
SUNAT : Tim medis RSAL menyunat anak-anak di Kantor Taspen Tanjungpinang, Sabtu (8/4). Kegiatan ini rangkaian bakti sosial jelang HUT Taspen ke-54. F-istimewa

Jelang HUT ke-54, Gelar Bakti Sosial

TANJUNGPINANG – Hingga saat ini, jumlah Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Kepri yang sudah pensiun sekitar 7.700 orang.

Mereka ini merupakan pegawai Pemprov Kepri dan 7 kabupaten/kota di Kepri. Setiap tahun, PT Taspen Cabang Tanjungpinang wilayah kerja Kepri menyerahkan uang pensiunan mereka sekitar Rp 17 miliar.

Revi Mutiarni, Kepala Cabang PT Taspen Tanjungpinang mengatakan, saat ini terdapat 33 ribu pegawai negeri yang mereka layani baik pegawai pemprov maupun 7 kabupaten/kota lainnya.

Dalam melayani para pegawai di pulau-pulau, Taspen menggandeng mitranya yakni BRI, BTN, BNI, BTPN, Bukopim, BSM, Muamalat, Bank Riau Kepri, BJB dan PT Pos Indonesia.

Dengan demikian, akan memudahkan para pegawai pensiunan untuk mendapatkan uang pensiunnya setiap bulan. Misalnya, pensiunan di pedalaman Natuna, Anambas, Lingga tetap mudah mendapatkan uang pensiunnya.

Selain menggandeng mitranya melayani pensiunan, Taspen juga menggandeng mitranya menjalankan program sosialnya.

Revi menjelaskan, dalam rangka merayakan HUT PT.Taspen (Persero) ke-54 tahun 2017, Kantor Cabang Tanjungpinang mempunyai program CSR (Corporate Sosial Responsibility) sebagai tanggungjawab perusahaan kepada lingkungan sekitar dengan menggalang kegiatan sosial berupa donor darah dan khitanan massal.

Kerja sama yang dimiliki dengan Mitra Bayar Bank (ada 9 bank) dan PT. Pos sama-sama menggalang kepedulian kemanusiaan untuk donor darah yang diikuti sebanyak 30 orang pada tanggal 5 April 2017 di PT. Taspen (Persero).

Sedangkan pelaksanaan khitanan massal tanggal 8 April 2017 sebanyak 25 anak diperuntukkan kepada masyarakat sekitar.

Untuk menggelar sunat massal tersebut, Taspen menggandeng tim medis RSAL. Belasan tim medis diturunkan untuk menyunat anak. Selain dari pada itu , program CSR dari PT. Taspen adalah untuk penguatan ekonomi masyarakat dengan memberikan dana kemitraan tahap I sebanyak 7 orang pada tahun 2017 yang memiliki usaha kecil agar usaha tersebut diharapkan dapat berkembang dan maju.

Kerja sama Taspen dengan bank-bank dan PT Pos adalah, dalam hal pembayaran Tabungan Hari Tua, Tabungan Hari Tua Multiguna dan Program Pensiun serta Pembayaran Klaim JKK JKM.

PT Taspen adalah BUMN yang diamanahkan oleh pemerintah untuk menyelenggarakan program Tabungan Hari Tua, Program Pensiun, Program JKK dan JKM dimana pesertanya adalah calon ASN, ASN, pejabat negara, anggota DPR/D dan PPPK.

Taspen berusaha mengembangkan inovasi layanan berkelanjutan dimana layanan tersebut harus dapat melebihi harapan peserta dengan cepat, nyaman dan murah tanpa biaya apapun kepada peserta yang masih aktif maupun yang pensiun.

Kepada yang aktif layanan yang diberikan adalah LKO (Layanan Klim Otomatis), layanan peserta yang mencapai BUP. Peserta tidak perlu datang ke PT. Taspen untuk pengurusan pensiun pertamanya.

Formulir diisi oleh peserta bersamaan dengan pengajuan SK pensiun dan terdapat layanan service point di setiap kantor BKPSDM (Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia) di setiap pemerintah daerah.

Sedangkan untuk penerima pensiun terdapat layanan silver college yang telah diadakan di aula Taspen KC Tanjungpinang, tanggal 30 Maret 2017 dengan dihadiri oleh para pensiun berjumlah 50 orang bersamaan dengan acara cek kesehatan bagi para pensiun.

Silver college adalah forum atau wadah tempat berkumpulnya para lanjut usia potensial, untuk saling peduli, berbagi pengalaman dan ketrampilan serta mengembangkan bakat dan minatnya sesuai dengan pilihan para lansia yang bersangkutan dalam suasana kekaraban, santai dan ceria.

”Mudah-mudahan niatan dan tindakan yang mulia ini mendapat barokah dari Allah SWT,” ucap Revi. (mas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here