TdB 2019, Uang Masuk Mencapai Rp40 M

0
187
RATUSAN peserta balap sepeda mengambil garis start pada lomba Tour de Bintan, tahun lalu. Sabtu (30/3) pagi ini, 1.200 pebalap bersaing di Tour de Bintan 2019. f-dokumen/tanjungpinang pos
Bupati Bintan H Apri Sujadi merasa bangga, karena kuota peserta Tour de Bintan (TdB) 2019 mencapai target, sebanyak 1.200 orang pebalap. Jumlah peserta itu berasal dari 48 negara, termasuk pebalap dalam negeri (Indonesia).

BINTAN – ”KITA sudah cek ke pihak BRC Lagoi, bahwa semua hotel penuh. Ada sekitar 4 ribuan turis yang menginap di Lagoi. Jumlah itu terdiri dari peserta balap sepeda Tour de Bintan, keluarga peserta dan turis yang ingin menyaksikan lomba. Ini jelas, uang masuk bagi Bintan,” kata H Apri Sujadi, Jumat (29/3) sore kemarin.

Iven TdB 2019, merupakan tahun ketiga secara berturut-turut sebagai ajang kualifikasi untuk mengikuti kejuaraan dunia kelas Gran Fondo, yang diselenggarakan oleh UCI, organisasi sepeda sport internasional. Pebalap yang lolos kualifikasi di TdB 2019, akan mengikuti kejuaraan dunia di di Poznan, Polandia, September 2019 mendatang.

”Ini yang menjadi daya tarik bagi turis, untuk mengikuti dan menyaksikan Tour de Bintan tahun 2019 ini. Kita bangga, ada 4 ribuan turis yang masuk ke Bintan. Mereka menginap selama tiga hari, ada yang yang empat hari,” sebut H Apri Sujadi.

Selama tiga hari turis berada di Bintan, H Apri Sujadi memperkirakan, uang masuk atau peredaran uang di kawasan Lagoi dan sekitarnya, mencapai Rp40 miliar. Dengan estimasi, rata-rata satu orang menghabiskan sebesar Rp10 juta per 3 hari.

”Minimal, peredaran uang para turis itu Rp40 miliar, sampai Minggu (31/3) besok. Dari Rp40 miliar itu, berarti ada sekitar Rp4 miliar yang masuk ke kas daerah, sebagai PAD Kabupaten Bintan,” jelas bupati.

H Apri Sujadi berharap agar Tour de Bintan terus mendongkrak jumlah kunjungan wisatawan ke Bintan. Karena, Tour de Bintan menjadi agenda tahunan yang rutin ditunggu-tunggu oleh wisatawan asing.

”Kami harapkan, jumlah kunjungan wisatawan asing meningkat lagi, pada tahun 2019 ini,” tambahnya.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Bintan Wan Rudi Iskandar mengatakan, TdB 2019 ini, akan dimeriahkan karavan (rombongan) yang membawa maskot dan cendera mata. Tim karavan ini akan membagikan maskor kepada penonton balap sepeda, yang ada di desa-desa, di sepanjang lintasan balapan.

”Tim Event Organizer (EO) MetaSport yang akan membuat karavan ini. Mereka akan melalui sepanjang lintasan balapan sepeda, di desa-desa yang dilalui peserta TdB,” jelas Wan Rudi.

Selain itu, lanjutnya, dari pihak Kementerian Pariwisata RI, akan menghadirkan artis papan atas, yaitu Maria Calista. Artis ini akan menghibur penonton di terminal Simpang Lagoi, menjelang peserta tiba di garis finis.

Dari 48 negara yang mengikuti TdB 2019, peserta terbanyak berasal dari Singapura (22 persen), disusul oleh Inggris Raya (18 persen), diikuti oleh Indonesia (11 persen), Australia (10 persen), Jepang (5 persen), USA (4 persen), Malaysia (3,2 persen), Prancis (3,2 persen), Jerman (2,7 persen), serta Filipina (2,6 persen).

”Sisanya, berasal dari pelbagai negara belahan dunia,” demikian Wan Rudi. (YUSFREYENDI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here