Teguh Calon Kuat Sekda Tanjungpinang

0
165
Ade Angga

TANJUNGPINANG – Nama Teguh Ahmad Syafari kini populer. Saat ini ia menjabat sebagai Kepala Bidang (Kabid) Program Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bapedlitbang) Provisi Kepulauan Riau (Kepri).

Nama Teguh mencuat dan disebut-sebut satu calon kuat Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tanjungpinang untuk mengisi kabinet baru Walikota dan Wakil Walikota Tanjungpinang H Syahrul-Rahma.

Teguh merupakan lulusan Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), satu angkatan dengan H Surjadi yang menjabat Kepala Bapedlitbang Kota Tanjungpinang. Teguh salah satu lulusan S2 di Universitas Gadjah Mada (UGM) yang cukup bagus akademiknya.

Informasinya, sebelum menjadi Sekda, ia akan menduduki jabatan dan pangkatnya naik jadi IIB. Kemudian menjadi kandidat pejabat eselon IIA. Ia bakal bersaing dengan calon Sekda lainnya seperti Hj Surjadi. Ada calon Tengku Dahlan yang kini menjabat sebagai Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kota Tanjungpinang.

Tengku Dahlan juga dinilai mampu menjadi Sekda mengingat pernah menduduki jabatan itu, di masa pemerintahan Walikota Tanjungpinang Hj Suryatati A Manan. Begitu juga dengan Lamidi mantan Sekda Bintan yang kini bertugas sebagai Kepala Kesbangpol Pemprov Kepri.

Wakil Walikota Tanjungpinang, Rahma tak berkomentar banyak soal Sekda Tanjungpinang itu. Ia hanya memastikan bahwa Sekda yang nantinya menjabat harus gesit, mampu berkomunikasi ke pusat maupun di daerah.

Ia juga minta Sekda mendatang yang terpenting memenuhi syarat. Informasi yang disampaikan beberapa narasumber, bahwa Teguh dilirik karena masih muda dan terlihat energik.

Terkait nama-nama ini, Waka I DPRD Tanjungpinang, Ade Angga menuturkan belum menerima informasi itu. ”Kita serahkan kepada user-nya (Pak Wako) saja. Siapapun nanti yang menjadi Sekda harus mampu membantu wali kota dan wakilnya dalam menjalankan roda pemerintahan,” ujarnya kepada Tanjungpinang Pos, kemarin

. Sementara itu, ketua Fraksi Golkar Tanjungpinang, Ashady Selayar juga mengaku belum mengetahui terkait rencana rotasi atau pergantian pejabat di lingkungkan Pemko Tanjungpinang. ”Belum ada informasi rotasi. Sekda kita masih Pak Riono,” ucapnya.

Ia menuturkan, bahwa Riono masih bertugas sebagai Sekda membantu roda pemerintahan. ”Kita menunggu sesuai ketentuan saja,” tuturnya.

Ia berharap pemilihan Sekda Tanjungpinang nanti harus sesuai dengan presedur yang ada. Jangan karena kedekatan dengan Wako, Sekda tersebut dipaksakan naik eselon. (dlp/bas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here