Teknik Informatika UMRAH Kini Akreditasi B

0
740
PENILAIAN: Tim asesor BAN PT lakukan visittasi akreditasi Prodi Teknik Informatikan UMRAH, belum lama ini. f-ISTIMEWA

TANJUNGPINANG – Program Studi (Prodi) Teknik Informatika S1 Fakultas Teknik Universitas Maritim Raja Ali Haji (FT-UMRAH) memperoleh akreditasi B. Hal itu ditetapkan, setelah melalui proses visitasi akreditasi prodi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) pada tanggal 4-6 Agustus lalu.

Ketua Prodi FT-UMRAH, Hendra Kurniawan SKom MSc Eng mengatakan, hasil tersebut sangat menggembirakan bagi warga kampus dan masyarakat umum. Akreditasi tersebut berlaku hingga lima tahun ke depan, meksi demikian disela-sela waktu itu, bila dinilai perlu menuju akreditasi selanjutnya bisa. Ini tergantung dari kesiapan prodi dari berbagai hal.

Teknik Informatika UMRAH terakreditasi B, berdasarkan SK BAN-PT No. 3212/SK/BAN-PT/Akred/S/IX/2017 tertanggal 5 September 2017. ”Kita bersyukur karena berhasil menaikkan status akreditasi. Ini sesuai dengan yang kami targetkan,” ujar Hendra kepada Tanjungpinang Pos, Jumat (22/9).

Ia juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak, yang telah membantu serta mendukung dalam pencapaian nilai akreditasi tersebut. Kedepannya, ia akan berusaha lebih baik untuk mengembangkan prodi dengan peningkatan SDM. Tujuannya agar mengasilkan lulusan yang bermanfaat bagi Provinsi Kepri, secara umum Indonesia dibidang teknologi informasi.

Kini sudah ada dua prodi di FT yang terakreditasi B. Setelah terlebih dahulu, Prodi S1 Teknik Elektro UMRAH. Ini berdasarkan SK BAN-PT No. 2533/SK/BAN-PT/Akred/S/VIII/2017.

Dituturkannya, penilaian akreditasi melalui proses yang panjang. Selain dokumen juga perlu melakukan berbagai hal lainnya. Diantaranya, penilaian pelaksanaan tridharma perguruan tinggi, sesuai standar yang ditetapkan BAN-PT.

Dengan memperoleh nilai B saat ini, berarti pengelolaan prodi dalam pelaksanaan Tridharma yakni perkuliahan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat sudah baik dan memenuhi standar,” terang Hendra.

Hendra menambahkan, semakin baik pengelolaan prodi berikut akreditasinya maka lulusan yang dihasilkan juga akan semakin baik. Kini ada 19 prodi dibawah naungan lima Fakultas, 50 persen dari 19 program studi sudah terakreditasi B. Tiap-tiap program studi diengkapi dengan konten berbasis Maritim sebagai pusat unggulan kami di wilayah perbatasan negeri.(ADLY BARA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here