Teknik Informatika UMRAH, Promosikan Computational Thinking

0
989
KERJAKAN SOAL: Siswa salah satu SMA Tanjungpinang sedang mengerjakan soal-soal.F-ISTIMEWA

TANJUNGPINANG – Tidak hanya mencari pemenang pada acara yang bertajuk Olimpiade Komputer, Teknologi dan Informasi (OKTI) 2017. Namun, kegiatan yang dilaksanakan di Kampus Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH), di manfaatkan Prodi Teknik Informatika mengenalkan seperti apa Computational Thinking tersebut.

Event OKTI yang digelar 11 November 2017 lalu, diselaraskan dengan kegiatan lain. Diantaranya, Bebras Challenge yang merupakan sebuah ide dan inisiatif internasional dengan tujuan mempromosikan Computational Thinking atau berpikir dengan landasan komputasi atau informatika. Lomba tersebut bukan hanya bagi siswa, melainkan juga bagi para guru.

Kegiatan OKTI 2017 merupakan olimpiade perdana yang melibatkan sekolah SMA/SMK/MA, dari empat kabupaten-kota di Kepri. Kota Tanjungpinang, Kota Batam, Kabupaten Bintan dan Kabupaten Karimun. Salah satu penggagas lomba, Tekad Matulatan menuturkan, bahwa OKTI dan Bebras Challenge 2017 meminta siswa memiliki landasan analitik sebelum memberikan jawaban.

Baca Juga :  Perkuat Pendidikan di Perbatasan

Panitia sudah menyediakan soal-soal kepada siswa tingkat SMA, SMK dan MA. Siswa sudah menggunakan Computer Assisted Test (CAT) untuk menjawab setiap soal. Tekad menjelaskan, kemampuan analitik ini sangat berperan besar dalam keilmuan bidang komputer.

Kegiatan ini diharapkan, dapat memacu semangat putra-putri Indonesia untuk memajukan teknologi informasi yang terus berkembang. Meski perlombaan sehari namun terdiri dari tiga sesi. Hasil jawaban dari siswa juga langsung ditampilkan dilayar, sehingga pemenangnya langsung ketahuan.

Dari layar juga dapat mengetahui kemajuan siswa dalam menjawab soa. Hasil event OKTI 2017, yakni untuk juara pertama dari SMA Negeri 1 Tanjungpinang yang diraih oleh Wirmantono bidang algoritma. Serta Nanda Ryaas Absar harapan satu bidang algoritma.

Baca Juga :  Kampus STIT Lingga Mulai Menggeliat

Selanjutnya, SMAN 3 Batam yakni Erlangga Kurnia Pangestu meraih juara dua bidang algoritma dan Amar Fadil harapan satu bidang logika matematika. Serta Muhammad Hafizh Herti Arrabbani harapan dua bidang logika matematika.

Berikutnya, juara tiga perwakilan SMA Katolik Santa Maria Tanjungpinang, diraih Varianto Nakanaori bidang algoritma dan harapan satu bidang logika matematika. Sedangkan, SMK Kartini Batam meraih juara satu bidang logika matematika atas nama Nurul Isniati.

Juara pertama bidang logika diraih Sumarno sedangkan Muhammad Arif Ferdiansyah juara ketiga. Sementara, SMK Maitreyawira diwakili Jenny meraih juara dua bidang logika matematika serta dari SMAN 1 Bintan Utara diraih Yuni Ayu Anggraini harapan dua bidang algoritma. Untuk Tanjungpinang, dari SMKN 4 diraih Siti Nuranisah harapan tiga bidang algoritma. (abh)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here