Teladani Semangat Juang SMRS

0
640
UPACARA: Personel TNI dan Polri ikut upacara Hari Pahlawan di Lingga, pekan lalu.F-TENGKU/TANJUNGPINANG POS

Wakil Bupati Lingga, M Nizar meminta masyarakat Lingga meneladani semangat juang Sultan Mahmud Riayat Syah (SMRS) untuk mewujudkan Lingga terbilang tahun 2020.

LINGGA – Hal ini dikatakan Nizar, saat menjadi pembina upacara peringatan Hari Pahlawan di Halaman Kantor Bupati Lingga, Jumat (10/11).

”Saya mewakili bupati dan Pemkab Lingga, mengucapkan selamat atas dianugerahkan Sultan Mahmud Riayat Syah sebagai Pahlawan Nasional oleh Presiden RI Joko Widodo,” kata Nizar.

Dikatakannya, semangat perjuangan yang ditunjukkan oleh SMRS mampu meningkatkan semangat juang masyarakat Lingga untuk mewujudkan Lingga Terbilang 2020. ”Semoga dengan hal ini dapat memberikan pengaruh besar terhadap Kabupaten Lingga,” katanya.

Baca Juga :  Kampung Cina Terbakar Akibat Korsleting

Usai memberikan sambutan pembuka itu, Nizar langsung menyampaikan pidato Hari Pahlawan dari Kementerian Sosial RI.

Hadir pada upacara itu, jajaran kepala OPD Pemkab Lingga, Asisten Administrati Bupati Lingga, Kapolres Lingga, Danlanal, Danramil, GOW Lingga dan diikuti barisan TNI AD, TNI AL, Kepolisian, ASN, Linmas,OKP, Pelajar SMK/SMA/MA/MTs/SMP serta SD di wilayah ibu kota Kabupaten Lingga.

Meski cuaca terlihat mendung dan hujan, pelaksanaan upacara itu berlangsung lancar dan hikmat. SMRS telah ditetapkan menjadi Pahlawan Nasional bersama tiga pahlawan lainnya dari provinsi lain di Indonesia. Penyerahan penghargaan dilakukan di Istana Negara, 9 November lalu atau stau hari menjelang Hari Pahlawan. Saat ini, Tengku Husein, keturunan ketujuh SMRS bersama anak dan menantunya didampingi Gubernur Kepri H Nurdin Basirun turun menerima penghargaan tersebut.

Baca Juga :  Temiang Pesisir Dukung Pelestarian Adat Budaya

Sebelumnya sudah ada dua pahlawan nasional dari Kepri yakni, Raja Haji Fisabilillah (RHF) yang ditetapkan melalui Keputusan Presiden RI No. 072/TK/1997 tanggal 11 Agustus 1997 dan cucunya Raja Ali Haji (RAH) yang ditetapkan melalui SK Presiden No.089/TK/Tahun 2004.

Usulan SMRS menjadi pahlawan nasional sudah sejak beberapa tahun lalu, namun belum juga ditetapkan dengan berbagai alasan.

Pada, 19 April 2017, Gubernur Kepri H Nurdin Basirun kembali mengusulkan SMRS agar ditetapkan menjadi pahlawan nasional melalui surat No:861/0550/SET yang ditujukan ke Menteri Sosial RI.

Baca Juga :  Puluhan Pemuda Demo Bupati

Pengusulan gelar pahlawan ini dilakukan sesuai dengan amanat UU RI No.20 tahun 2009.(TENGKU IRWANSYAH)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here