Teluksasah Jadi Cibaduyutnya Bintan

0
624
PELATIHAN: Warga saat mengikuti pelatihan pembuatan tas di Desa Teluksasah, Seri Kuala Lobam, Sabtu (26/8). F-JENDARAS KARLOAN/tanjungpinang pos

SERIKUALALOBAM – Desa Teluksasah menargetkan wilayahnya akan menjadi sentra home industry pembuatan tas Hand Made atau buatan tangan warganya. Hal ini sebagaimana ditargetkan, saat pelatihan pembuatan tas di aula Desa Teluksasah pada Sabtu (27/8)
Sebanyak 15 warga yang terdiri dari pria mengikuti pelatihan tersebut. Mayoritas mereka adalah, ibu rumah tangga dan para mantan pekerja di kawasan industri Lobam.

Erdis Suhendri, Kepala Desa Teluksasah mengatakan, pihaknya merencanakan desanya sebagai sentra home industri tas melalui anggaran dana desa 2017 ini. ”Ini awalnya dari satu dua orang warga kami yang membuat tas skala rumahan. Ternyata hasilnya cukup bagus. Namun kendalanya belum begitu dikelola secara profesional dan bahan baku yang masih terbatas,” jelasnya, Minggu (28/8).

Baca Juga :  200 Warga Kijang Nikmati Takjil Dakubi

lanjutnya, pihaknya langsung membuat perencanaan dan melakukan survei di masyarakat yang berminat untuk menjadi perajin tas tersebut ternyata responnya cukup tinggi. ”Banyak ibu-ibu rumah tangga yang tertarik, ada juga mantan pekerja yang ingin membuka lapangan kerja. Jadi kami satukan semua dan lakukan pelatihan ini,” jelasnya.

Ia menambahkan, sengaja mendatangkan pelatih pembuat tas profesional dari Bandung, tepatnya Cibaduyut. Menurutnya, ini akan sangat baik untuk peningkatan keahlian serta relasi untuk mendapatkan bahan baku. ”Harapan kami satu atau dua tahun kedepan, desa kami jadi sentra home industri pembuatan tas. Jadi masyarakatnya dapat bekerja dan mengambil peluang bisnis ini,” tambahnya. (aan)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here