Tempat Ibadah Jadi Destinasi Wisata

0
264
GUBERNUR Kepri H Nurdin Basirun menghadiri Sembahyang Keselamatan yang disejalankan dengan peringatan ulang tahun ke-303 Nguan Thiang Sian Tih Senggarang, Selasa (17/4) malam. f-istimewa/humas pemprov kepri

Kelenteng Nguan Thiang Sian Tih Senggarang Tanjungpinang yang berusia berusia 303 tahun menjadi destinasi wisata yang sangat ramai dikunjungi turis dari berbagai negara.

SENGGARANG – SEJAK Agustus 2017 lalu hingga pertengahan April 2018, sudah 20.141 orang turis yang datang ke tempat itu. Dari Tiongkok sebanyak 18.297 orang, Singapura 1.667 orang. Italia 80 orang, Australia 17 orang, Eropa 23 orang, Jerman 25 orang, Rusia 18 orang dan Rumania 14 orang.

Selasa (17/4) malam, digelar Sembahyang Keselamatan yang disejalankan dengan peringatan ulang tahun ke-303 Nguan Thiang Sian Tih. Sembayang Keselamatan ini sudah menjadi agenda tahunan. Setiap tahun diselenggarakan di Senggarang. Hadir saat itu Gubernur Kepri H Nurdin Basirun. ”Kamsia, kamsia. Pemerintah Provinsi Kepri mengucapkan selamat ulang tahun Nguan Thiang Sian Tih ke-303,” kata Nurdin malam itu.

Nurdin menyebutkan, Kepri harus selalu damai dalam kebhinekaan. Nurdin mengajak semua pihak menjaga toleransi. Semua bergandeng tangan demi kejayaan dan pembangunan Kepri.

Nurdin pun menyebutkan, kegiatan seperti ini juga menarik minat wisatawan. Industri pariwisata di Kepri, kata Nurdin, harus tumbuh dengan banyak even dan destinasi. Gubernur H Nurdin Basirun mengatakan, pemerintah terus melakukan sentuhan kepada masyarakat dengan meningkatkan pembangunan. Sektor ekonomi juga mendapat perhatian serius untuk terus ditingkatkan dan ditumbuhkembangkan.

”Mari kita bersama-sama membuat negeri ini semakin maju. Masukan pemikiran dan aksi nyata semua kelompok penting dalam peningkatan ekonomi daerah ini,” kata Nurdin saat menghadiri Sembahyang Keselamatan di Kelenteng Senggarang, Tanjungpinang,

Soal pariwisata, Ketua Panitia Rudi Chua mengisahkan tentang Senggarang dan kelentengnya. Kelenteng ini dibangun secara swadaya masyarakat. Untuk pembangunan fisiknya dibangun oleh yayasan di bawah naungan Kelenteng Ngian Thing Sian Tih. Kunjungan wisatawan pun terus mengalami peningkatan.

”Selama delapan bulan ini turis yang datang mencapai 20 ribuan orang. Itu yang ditanya pengurus saat mobil travel masuk,” kata Rudi Chua.(MARTUNAS-SUHARDI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here