Tempat Tugas CPNS Sudah Ditetapkan

0
759
TS Arif Fadillah

Pemprov Terima 192 Orang

Jika ingin mengabdikan diri menjadi pelayan masyarakat melalui Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), maka harus siap-siap ditempatkan di pulau-pulau terpencil. Karena formasi CPNS tahun 2018 ini, sudah ditetapkan tempatnya bertugas.

DOMPAK – KARENA itu, tidak ada pilihan lain selain mengikuti syarat tersebut. Formasi ini terutama untuk guru dan tenaga kesehatan.

Sekdaprov Kepri TS Arif Fadillah mengatakan, seleksi CPNS tahun ini semua formasi yang dibutuhkan sudah langsung terlampir dengan tempat penugasan. Sesuai dengan kebutuhan yang diajukan Pemprov Kepri.

”Misalnya, formasi guru untuk penugasan di Pulau Laut. Sudah tertera langsung di pengumumannya,” ujarnya di di Kantor Gubernur, Pulau Dompak, Rabu (12/9).

Dijelaskannya, dari 400 CPNS yang diajukan tahun ini, yang disetujui Kemenpan RB 192 orang saja.

Jumlah tersebut terdiri dari 100 tenaga guru, 62 tenaga kesehatan dan 30 formasi tenaga teknis. Formasi CPNS tahun ini lebih banyak jatah guru dan tenaga medis.

TS Arif Fadillah mengatakan, keputusan jumlah kuota CPNS yang diterima Pemprov Kepri tersebut berdasarkan SK Menpan Nomer 624 Tahun 2018 yang diterbitkan pada tanggal 30 Agustus lalu.

Untuk teknis pelaksanaannya, lanjut Sekda, merupakan kewenangan pihak Tim Panitia Seleksi Nasional (Panselnas). Mulai dari tahapan pengumuman dan yang lainnya.

”Pemda hanya menyiapkan tempat saja,” kata Sekda ditemui .

Sebelumnya Pemprov Kepri mengajukan kebutuhan CPNS sebanyak 400 formasi. Namun yang disetujui KemenpanRB hanya 192 formasi. Kendati demikian, Pemprov Kepri tetap mensyukuri Pemerintah Pusat telah mengakomodir kebutuhan CPNS tahun ini.

”Untuk pengumuman dan tahapannya nanti langsung diakomodir oleh Panselnas,” ungkapnya.

Arif menjelaskan, untuk teknis pelaksanaan seleksi berbasis CAT direncanakan dilaksanakan di empat tempat. Yakni, Kota Tanjungpinang, Batam, Natuna, dan Anambas.

Untuk Tanjungpinang akan dilaksanakan di Kantor Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Kepri, sedangkan di Batam di kantor UPT Badan Kepegawaian Negara (BKN).

”Mengenai tempat sudah kita siapkan. Tergantung persetujuan Tim Panselnas saja,” ujar ketua Baperjakat Pemprov Kepri tersebut.

Peluang SMA Tertutup
Pemerintah pusat membuka keran penerimaan CPNS untuk 2018 ini, termasuk untuk Tanjungpinang dengan kuota 246 orang.

Meski demikian, untuk Tanjungpinang dan beberapa daerah lainnya, tidak ada formasi untuk lulusan SMA sederajat.

Kebanyakan daerah menerima untuk formasi guru dari berbagai disiplin ilmu lulusan minimal stara satu (S1). Serta disusul terbanyak formasi tenaga medis dan bidang teknis.

Kepala BKSDM Tanjungpinang, Tengku Dahlan menuturkan, formasi penerimana tahun ini, lebih banyak dari periode sebelumnya, meski demikian kali ini tidak ada formasi untuk SMA sederajat.

”Sepertinya formasi yang disetujui pusat kebanyakan untuk guru,” ucapnya.

Ia menuturkan, pendaftaran rencananya akan mulai di buka 19 September mendatang.

Sistem pendaftaran itu dilakukan secara terintegrasi melalui portal nasional Badan Kepegawaian Negara via https://sscn.bkn.go.id.

Selanjutnya proses seleksi CPNS 2018 akan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT BKN) baik untuk pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), lalu dilanjutkan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

Ia menuturkan, SKD harus dilalui oleh pelamar yang dinyatakan lulus seleksi administrasi. Seperti tahun lalu, pelaksanaan SKD CPNS tahun 2018 ini menggunakan sistem CAT dan kelulusan menggunakan nilai ambang batas (passing grade).(SUHARDI-DESI)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here