Tempatnya Pemesan Busana Batik Melayu yang Tak Mau Repot

0
339
CAMAT Toapaya Riang Anggraini kepada Ketua PKK Bintan Hj Deby menjelaskan pembuatan aksesori dari bahan batik padi dan motif PKK nasional, yang disediakan di Galeri PKK Toapaya, di Pasar Tani, Selasa (30/1) kemarin. f-yendi/tanjungpinang pos

Hj Deby Maryanti Launching Pusat Galeri PKK Toapaya

TOAPAYA – Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bintan Hj Deby Maryanti Apri Sujadi didampingi Wakil Ketua Hj Herdawati Dalmasri Syam, me-launching galeri hasil kerajinan usaha kaum ibu PKK Kecamatan Toapaya, Selasa (30/1) kemarin. Galeri PKK Toapaya ini menjadi tempatnya bagi orang yang ingin memesan (pemesan) busana batik Melayu, yang tak mau repot.

Seratusan kaum ibu tersenyum sambil bertepuk tangan, ketika Hj Deby Apri Sujadi dan Hj Herdawati Dalmasri bersama belasan tokoh perempuan, membuka payung berwarna biru muda. Tak terkecuali, Camat Toapaya Riang Anggraini pun turut semringah. Payung biru muda itu bermotifkan batik Melayu dan kombinasi batik khas PKK nasional.

Sebelum membuka payung biru muda, Hj Deby Apri Sujadi meninjau ruko berukuran 5×7 meter, yang berada di Pasar Tani Toapaya, jalan Lintas Barat. Bangun itu adalah tempat galeri pelbagai suvenir dan aksesori. Bahkan, di dalam galeri ini dipajang sejumlah busana muslim dan pakaian Melayu. Kain dari busana ini hampir seluruhnya menggunakan motif batik Melayu. Terutama, motif padi emas yang menjadi simbol batik asal Kabupaten Bintan.

”Kipas bermotif batik Melayu juga ada dijual di galeri PKK Kecamatan Toapaya. Ini galeri pertama milik PKK kecamatan, yang kita launching,” kata Hj Deby Apri Sujadi.

Deby mengungkapkan, di era zaman now (sekarang), para ibu rumah tangga biasanya tak mau repot. Bahkan untuk memesan busana, harus belanja lewat online.

”Nah, bagi pemesan yang tak mau repot, dan ingin mendapatkan busana batik Melayu, cukup memesan di galeri PKK Kecamatan Toapaya. Harganya murah, motif batik busananya bagus-bagus,” ujar Hj Deby Apri Sujadi.

Hj Deby Apri Sujadi memberikan apresiasi atas semangat dan kreativitas PKK Kecamatan Toapaya ini. Karena bisa menampilkan hasil kerajinan para ibu di PKK Kecamatan Toapaya, sekaligus mempromosikan batik padi Melayu Bintan dan batik PKK nasional.

”Di sini juga ada jual tanjak Melayu, tas rajutan, bunga dari kerang, dompet dari olahan limbah kain perca, bros baju, payung, gelas, lampu hias dan berbagai kreasi menarik lainnya,” tambahnya.

Usai meresmikan galeri PKK Toapaya, Hj Deby Apri Sujadi dan Hj Herdawati Dalmasri mengikuti seminar tata cara etika dalam berkomunikasi bagi kaum ibu. Seminar ini menghadirkan narasumber dari Provinsi Kepri Hj Supinah.

Camat Toapaya Riang Anggraini mengatakan, selain peresmian galeri PKK Kecamatan Toapaya dan agenda seminar ini, PKK Kecamatan Toapaya telah mengadakan beberapa lomba PKK di tingkat desa/kelurahan. Dalam lomba ini, Kelurahan Toapaya Asri meraih juara umum. Kategori yang dilombakan yaitu taman hatinya PKK, administrasi PKK dan kerajinan PKK.

”Kalau mau pesan payung, kipas, suvenir, gantungan kunci, jam, cover set, gelas dan pena yang bermotif dan berlogo PKK, bisa datang ke galeri kami, di Pasar Tani jalan Lintas Barat ini,” jelas Riang. (fre)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here