Temuan Pelanggaran Pilwako, Lapor ke Gowaslu

0
421
Muhammad Sjahri Papene

TANJUNGPINANG – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) telah memiliki aplikasi berbasis teknologi yaitu Gowaslu. Aplikasi ini sangat mudah akses, cukup di-download melalui playstore pada handphone. Aplikasi ini berfungsi untuk pengawasan dan menerima pelaporan dari masyarakat terhadap dugaan pelanggaran pemilihan umum (Pemilu) termasuk pemilihan walikota (Pilwako) Tanjungpinang tahun 2018 ini.

Ketua Bawaslu Provinsi Kepri, Muhammad Sjahri Papene mengklaim, sampai saat ini belum ada laporan yang masuk dari masyarakat melalui aplikasi Gowaslu terhadap dugaan pelanggaran kampanye yang sedang berlangsung di Tanjungpinang.

Artinya, tidak ada pelanggaran yang dilakukan dua pasangan calon (Paslon) Walikota dan Wakil Walikota Tanjungpinang, baik nomor urut 1 (Syahrul-Rahma) maupun 2 (Lis Darmansyah-Maya Suryanti) selama kampanye berlangsung.

”Secara manual, saya belum ada menerima laporan dari Panwaslu Kota Tanjungpinang,” kata Muhammad Sjahri Papene.

Muhammad Sjahri Papene mengatakan, Pilkada di Kota Tanjungpinang berbeda dengan daerah lainnya. Kalau di daerah lainya, banyak sekali temuan dugaan pelanggaran yang dilakukan calon. Tapi di Tanjungpinang aman-aman saja. Pelanggaran pilkada di daerah lainnya juga bisa dilihat di aplikasi Gowaslu.

Kata dia, untuk menindak dugaan pelanggaran kampanye yang disampaikan oleh masyarakat akan diteruskan ke daerah bersangkutan. Misalnya, ada temuan dugaan pelanggaran kampanye di Tanjungpinang.

Nanti, operator tersebut akan meneruskan laporan awal temuan dugaan pelanggaran kampanye disampaikan oleh masyarakat ke Bawaslu Provinsi Kepri. Setelah itu, baru diteruskan kembali ke Panwaslu Kota Tanjungpinang.

”Laporan ini bisa langsung ke tingkat pengawasan pemilu tingkat kelurahan sesuai temuan dugaan pelanggaran pemilu tersebut,” terang dia.

Setelah itu, pihaknya akan mempelajari temuan dugaan pelanggaran tersebut. Apakah temuan tersebut melanggar UU pemilu atau tidak. ”Ini kita pelajari dulu temuan tersebut,” sebut dia.

Ia berharap pilkada Tanjungpinang berjalan damai, jujur dan adil. ”Pilkada Tanjungpinang harus memberikan contoh karena satu-satunya pilkada di gelar di Kepri tahun ini,” tegasnya. (dri)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here