Tenaga Kesehatan Teluk Nipah Sering Bolos

0
604
KOSONG: Pos Kesehatan di Teluk Nipah terlihat kosong. F-tengku/TANJUNGPINANG POS

LINGGA – Tenaga kesehatan yang ditugaskan di Pos Kesehatan Desa (Poskedes) Teluk Nipah sering meninggalkan tempat tugas alias bolos.

Hal ini membuat warga Teluk Nipah kesulitan mendapatkan pelayanan kesehatan. Warga harus menyeberang dengan menggunakan pompong sekitar setengah jam perjalanan, untuk mendapatkan pengobatan.

”Kalau cuma sakit-sakit sedikit warga lebih memilih tidak berobat. Karena untuk menyeberang ke pulau lain yang memiliki tenaga kesehatan membutuhkan biaya. Belum lagi kalau cuaca sedang tidak bagus,” kata salah seorang warga yang mengaku bernama Yuyun kepada Tanjungpinang Pos, kemarin.

Dikatakannya, tenaga kesehatan yang ditugaskan Dinas Kesehatan Lingga di Poskedes Teluk Nipah, awal Januari lalu sering tidak terlihat di Teluk Nipah. Hal ini membuat bangunan Poskedes yang sekaligus tempat tinggal perawat tersebut tertutup rapat.

”Poskedes ini lebih banyak tutupnya dari pada buka,” ucapnya.

Puncaknya, kekosongan tenaga kesehatan di Teluk Nipah mendapat sorotan tajam dari Wakil Bupati Lingga, M Nizar saat membuka STQ Kecamatan Kepulauan Posek yang digelar di Teluk Nipah. Nizar kecewa saat kegiatan STQ tidak ada tenaga medis yang disiagakan.

”Pak wakil kecewa sampai menumpahkan kecewanya dalam pidato saat membuka STQ,” sebutnya.

Dikonfirmasi terkait hal ini, Kadis Kesehatan Lingga, Syamsu Rizal membantah kalau petugas kesehatan di Teluk Nipah jarang ada di tempat. Tenaga kesehatan di daerah tersebut tidak berada di tempat hanya pada pelaksanaan STQ saja.

”Petugas kesehatan hanya ada yang sukarela, mereka saat itu lagi ada kegiatan,” jelasnya. (tir)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here