Tepilaut Ditimbun Setinggi Tiga Meter

0
392
ALAT berat diturunkan saat penimbunan Tepilaut untuk pembangunan jalan lingkar, kemarin. f-suhardi/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – Kontraktor utama PT Gunakarya Nusantara (GKN) terus menggesa pembangunan proyek Gurindam 12 Tepilaut Tanjungpinang. Saat ini proyek tersebut sudah tembus di atas 7 persen. Mereka akan menimbun laut setinggi tiga meter.

Site Manager PT Guna Karya Reza Rahmadi menyampaikan, tidak ada kendala khusus dalam melancarkan pengerjaan proyek perioritas Gubernur Kepri H Nurdin Basirun tersebut.

Reza memastikan, jika tidak ada aral melintang proyek setengah triliun itu mampu selesai 7 bulan sebelum masa kontrak selesai.

Pantauan koran Tanjungpinang Pos, saat ini para pekerja tengah fokus melakukan reklamasi pantai di zona A hingga Zona 2B. Dari bibir pantai, tanah yang harus mereka timbun setinggi 3 meter dari dasar laut.

Sejumlah alat berat tampak terus diberdayakan. Pengerjaan dilakukan dari darat maupun di tengah laut. Reklamasi pantai rencananya mulai dari depan taman Melayu Square hingga berakhir di depan Pelabuhan Indonesia (Pelindo) Sribintan Pura (SBP) Tanjungpinang.

”Memang iya, struktur tanahnya yang beda-beda, dan kami terus menggesa pengerjaan, reklamasi akan dilakukan sepanjang Tepilaut ini,” ujar Reza kepada Tanjungpinang Pos, kemarin.

Tak lupa Reza menuturkan, progres pengerjaan kawasan Tepilaut yang dilakukan kontraktor Guna Karya lakukan saat ini sudah mencapai 7,5 persen. ”Ini sudah berlalu 24 minggu, rencana setelah reklamasi pantai kita mulai proses pemancangan,” bebernya.

Rencananya untuk pemancangan tiang beton ke dasar laut, Reza menuturkan ada lebih kurang 966 titik tiang beton yang di tancapkan ke dasar laut. Tiang ini sebagai penyangga dasar yang dibangun untuk menambah estetika jalan lingkar.

”Untuk tahap awal, rencananya setelah reklamasi selesai kita akan pasang 672 tiang ke dasar laut,” jelas Reza.

Saat ini dia menceritakan, kendala yang dapat menghambat progres kerja, pertama masalah struktur tanah yang berbeda, kemudian di samping itu masalah cuaca. Namun pihaknya tidak patah semangat, karena pengerjaan didukung dengan alat bantu yang sangat baik.

”Kami bersyukur masyarakat sampai dengan Gubernur dan pemda Tanjungpinang sangat mendukung. Kita berjanji akan menyelesaikan, proyek ini sesuai dengan harapan,” sebutnya sambil menyebutkan karena proyek Gurindam 12 ini, proyek kebanggaan masyarakat Ibukota Provinsi Kepri. (ais)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here