Tepilaut Makin Kinclong

0
722
Warga dan wisatawan saat memadati Tepilaut menyaksikan rangkaian acara Festival Bahasi Kepri (FBK) tahun lalu.f-suhardi/tanjungpinang pos

Tepilaut kini menjadi objek wisata yang selalu ramai dikunjungi warga dan wisatawan. Ke depan, Tepilaut bakal dibuat lebih cantik atau lebih kinclong lagi. Sejumlah proyek yang akan dibangun di Tepilaut sedang dilelang Pemprov Kepri.

TANJUNGPINANG – Menurut Kepala Biro Administrasi Layanan Pengadaan Pemprov Kepri, Misbardi, proses pelaksanaan lelang proyek fisik penataan Tepilaut sudang dimulai. Kini para kontraktor ternama sedang mengincar proyek ini. Setelah itu, akan didahulukan pembangunan proyek strategis lainnya yang menjadi fokus Gubernur Kepri H Nurdin Basirun.

”Secara keseluruhan, saat ini ada sekitar 35 paket fisik maupun non fisik yang sudang dilelang. Untuk pelaksanaan konsultannya sedang dilelang dan akan menyusul dengan lelang proyek fisik lainnya,” terang Mirbardi, kepada Tanjungpinang Pos, Jumat (19/1) lalu. Menurutnya, sesuai permintaan Gubernur Nurdin, lelang proyek baik fisik maupun nonfisik, ada yang sudah harus dikerjakan pada Februari mendatang.

Baca Juga :  18 PKB dan PLKB Jadi Pegawai Pusat

Seperti pembangunan, peningkatan pengaspalan jalan, di wilayah Pulau Dompak, Lingga, Kabupaten Anambas, Natuna dan daerah lainnya. Tak hanya itu saja, disusulkan dengan lelang proyek nonfisik juga mulai dilakukan nonfisik juga mulai dilakukan bersamaa.

Disinggung terkait masih ada kesalahan teknis terkait persyaratan untuk melakukan lelang fisik proyek Tepilaut, Misbardi menambahkan, bahwa pada saat dilakukan verifikasi data oleh tim teknis Administrasi Layanan Pengadaan, karena masih dilakukan perbaikan oleh tim teknis Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Pertanahan (DPUPP) Kepri.

“Masih ada perbaikan DED-nya, termasuk menyingkronkan anggaran, karena poyek itu dikerjakan tiga tahapan. Masyarakat juga tentu ingin, kontraktor yang melaksanakan merupakan perusahaan profesional,” tambahnya.

Baca Juga :  Minim Anggaran, Atlet Popda Tak TC

Khusus pelaksaan proyek penataan Tepilaut ini, dia menyampaikan, Gubernur meminta agar siapa yang mendapatkan peluang mengerjakan itu, harus kontraktor yang kredibel dan tidak bisa setengah-setengah. “Konsultan sampai pelaksana kontraktornya mesti yang terbaik. Kita akan lihat dari segi kemampuan dasar perusahaannya, konsultannya juga akan dipilih, yang sudah terbiasa mendampingi proyek ratusan miliar dan pastinya berbeda dengan mereka yang terbiasa mendampingi proyek satu atau dua miliar,” jelasnya.

Hanya saja saat ini, Misbardi belum mendapat informasi pasti dari dinas terkait, untuk memulai proyek ini, pelaksanaan awalnya dilakukan dari kawasan mana. Apakah Teluk keriting, depan Gedung daerah, atau depan Tugu Pensil.

“Kami belum bisa sampaikan, karena secara rinci karena datanya belum masuk ke kami. Jadi, belum jelas dari mana yang didulukan. Kita masih menunggu dari dinas PUPP,” timpalnya.

Baca Juga :  Anggota DPRD Jaring Aspirasi Masyarakat

Misbardi juga menyinggung proyek-proyek lainnya yang sudah dmulai Pemprov Kepri yang penegrjaannya akan dilakukan Maret ini. Diantaranya Di Dompak, Karimun, Anambas rata-rata. “Saat ini sudah ada 35 paket sudah selesai, proses lelang,” tambahnya.

Untuk Februari ini, proyek peningkatan jalan, selainjunya juga dermaga, pelabuhan Tanjunguban, hanya saja untuk pelabuhan Pelantara 1 dan 2 konsultannya baru masuk, belum selesai lelang fisik karena anggaran yang terserap untuk membangun pelabuhan tersebut butuh, sekitar belasan miliar. “Saat ini baru konsultannya yang sudah selesai,” tuturnya (ais)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here