Terang Benderang, Dilengkapi Gapura Bernuansa Islam

0
624
BERCAHAYA: Gapura pintu masuk menuju Jembatan 1 Dompak terang benderang. Gapura ini bernuansa Islam dan menjadi lokasi wisata baru. f-suhardi/tanjungpinang pos

Jembatan 1 Dompak, Destinasi Wisata Baru di Tanjungpinang

Mendatangkan turis sebanyak-banyaknya itulah fokus utama pemerintah saat ini. Promosi gencar dilakukan, event diperbanyak, pelayanan diperbaiki, transportasi yang makin luas terus disiapkan untuk mencapai target itu.

TANJUNGPINANG – NAMUN, tanpa destinasi yang mumpuni dari segi jumlah dan keindahan yang dijual, sektor wisata tetap lesu. Karena itu, di Tanjungpinang misalnya makin banyak destinasi wisata yang dibenahi.

Jembatan Sungai Carang misalnya.Pemko Tanjungpinang telah menganggarkan sekitar Rp 3,3 miliar untuk mempercantik jembatan itu. Di malam hari, jembatan ini indah dengan warna-warni lampu yang dipasang di tiang-tiang baja jembatan tersebut.

Jembatan ini bukan hanya sekedar jalan untuk dilintasi lagi, namun sudah menambah catatan lokasi wisata di Tanjungpinang. Pengaturan cahaya lampu-lampu jembatan itu menjadi nilai jual yang tinggi.

Kemudian, Pemprov Kepri juga sudah membenahi Pulau Dompak. Kawasan ini akan dijadikan sebagai pusat pemerintahan, destinasi wisata dan juga sarana olahraga.

Dimulai dari Jembatan 1 Dompak arah Ramayana Mal, Pemprov Kepri telah menata jalan menuju jembatan itu. Di samping kiri kanan sudah dibangun gapura bernuansa islami.

Di kiri kanan dipersiapkan tempat santai pengunjung. Kemudian, di bawah jembatan akan dibenahi lagi dan difungsikan tempat parkir bagi pengunjung.

Gapura tersebut sudah dipasang lampu. Sehingga dari jauh, gapura itu sudah kelihatan terang dengan bayang-bayang jembatan. Rasa penasaran masyarakat kian bertambah dan akhirnya berkunjung ke lokasi itu.

Saat malam pergantian tahun baru kemarin, pusat perkumpulan masyarakat tidak hanya di Rimba Jaya untuk menonton pesta kembang api. Masyarakat juga berkumpul di Taman Bunda Tepilaut termasuk di Jembatan 1 Dompak.

Malam pergantian tahun 2017, Jembatan I Dompak ramai dikunjungi pengunjung lokal. Jembatan yang sudah tampak terang sejak awal bulan Desember lalu itu, saat ini jadi lokasi tujuan wisata lokal yang sengaja ingin menghabiskan waktu bersama keluarga.

Ditambah lagi Pemprov Kepri melalui Dinas Pekerjaan Umum Penataan ruang, Pertanahan (PUPP) Kepri sudah menambah lampu pada menara setinggi lebih kurang 7 meter di depan pintu masuk jembatan Dompak. Hal itu tentunya, membuat para pengunjung betah datang ke lokasi ini.

”Hidupnya sejak malam akhir Desember itu,” ujar Kabid Bina Marga PUPP Pemprov Kepri Endrija kepada Tanjungpinang Pos, kemarin.

Secara persis Endrija menyebutkan, bahwa lampu tersebut pelan-pelan mulai menerangi Jembatan Dompak hingga sepanjang jembatan menuju pusat Pemeritahan Pemprov Kepri.

”Keindahan ini tentunya menambah satu lagi ikon baru destinasi wisata. Sehingga ke depan wisatawan makin betah datang ke Tanjungpinang,” papar Endrija.

Saat ini, di lokasi Jembatan Dompak terus menjadi pusat pengembangan pengerjaan proyek fisik, mulai jalan, taman, kafetaria, air pancur, Penerangan Jalan Umum (PJU), dan gerbang pintu masuk jembatan terus dipercantik.

Pemprov Kepri bertekat tahun 2018 mendatang gerbang pintu masuk kawasan pusat Pemerintahan Pemprov Kepri Istana Kota Piring sudah selesai dibangun. ”Tahun 2018 gerbang masuk itu sudah siap, InsyaAllah,” ucapnya.

Gubernur Kepri H Nurdin Basirun, menambahkan, ikon jembatan Dompak ini merupakan ikon wisata baru yang dapat dimanfaatkan masyarakat Kepri pada umumnya.

Dirinya berharap, ke depan jika jembatan beragam fasilitas yang sudah disiapkan di lokasi tersebut selesai dibangun, ia berharap agar masyarakat menyadari bahwa pentingnya menjaga dan memelihara fasilitas yang ada.

Nurdin bahkan berjanji untuk menjaga kawasan Pulau Dompak tetap terjaga, dirinya bertekat akan meminta OPD terkait di Pemprov untuk mengintensifkan pengamanan.

”Bisa saja nanti ada petugas khusus, Satpol ataupun, kamera CCTV yang 24 jam setia mengawasi setiap titik vital di sana,” tegas Nurdin.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Pemprov Kepri, Abu Bakar mengatakan, sepanjang pinggir pantai atau hutan bakau Pulau Dompak akan dibenahi menjadi lokasi wisata.

Pengembangan wisata hutan bakau akan dilakukan bertahap. Lokasi hutan bakau ini akan saling melengkapi dengan pembenahan yang sedang dilakukan saat ini di Pulau Dompak.

Ini merupakan keinginan gubernur untuk menjadi Dompak sebagai pusat wisata baru. Sehingga, siapapun yang datang berkunjung ke Tanjungpinang, akan berusaha mengunjungi tempat itu.(SUHARDI-MARTUNAS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here