Terapkan Protokol Kesehatan Covid-19 121 CPNS Pemko Tanjungpinang Tes SKB

0
29

TANJUNGPINANG – Sebanyak 121 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Pemerintah Kota (Pemko) Tanjungpinang mulai tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) di Gedung B Lantai 5 Ruang Computer Assisted Test (CAT) Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Tanjungpinang berada di Senggarang, Kamis (1/10).

Tes SKB yang menggunakan sistem CAT akan berakhir Jumat (2/10) nanti.

Sebelumnya, mereka sudah mengikuti tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS Pemko Tanjungpinang, dan dinyatakan lulus hingga bisa melanjuti ke tahap tes CPNS berikutnya berdasarkan pengumuman dengan nomor 810/1169/4.2.02/2020 tentang Jadwal Pelaksanaan SKB CPNS di lingkungan Pemko Tanjungpinang formasi tahun 2019.

Kepala BKPSDM Kota Tanjungpinang, Samsudi mengatakan, tes SKB berbasis CAT berbeda dari tes SKD sebelumnya. Saat ini, tes SKB berbasis CAT di masa pandemi Covid-19.

Baca Juga :  ‎Bereaksi, Pedagang Batal Direlokasi‎

Jadi, pihaknya menerapkan protokol kesehatan Covid-19 ke CPNS selama tes SKB berlangsung. Seperti jaga jarak satu dengan peserta CPNS lainnya, sesuai protokol kesehatan Covid-19.

Oleh karena itu, pihak BKPSDM Kota Tanjungpinang hanya menyediakan 30 unit perangkat komputer yang beroperasi untuk peserta tes SKB berbasis CAT. Artinya, hanya ada 30 CPNS berada di dalam satu ruangan di saat tes SKB berlangsung.

Dengan diterapkan 30 unit perangkat komputer, Badan Kepegawaian Nasional (BKN) RI melalui BKPSDM Kota Tanjungpinang menerapkan tiga sesi setiap tes SKB berbasis CAT berlangsung. Setiap sesi tes SKB hanya 30 CPNS.

“Hari terakhir (Jumat, red) kita baru terapkan 31 orang. Karena hanya satu sesi saja,” kata Samsudi kepada Tanjungpinang Pos, Rabu (30/9).

Baca Juga :  Akhirnya, Seluruh RS Batam Layani Pasien BPJS

Selain jaga jarak, kata mantan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagain) Kota Tanjungpinang ini, panitia seleksi CPNS juga menerapkan penggunaan masker buat peserta tes SKB. Jadi, peserta tes SKB tetap menggunakan masker selama berada di dalam ruangan ujian berbasis CAT.

Sebelum masuk ke dalam ruangan CAT, panitia CPNS meminta peserta tes SKB terlebih dahulu untuk melakukan cuci tangan menggunakan sabun yang sudah disediakan. Setelah itu, suhu tubuh peserta tes SKB akan di cek menggunakan termometer shotgun melalui kening kepala sering disebut jidat.

“Alhamdulillah, ruangan CAT yang akan digunakan tes SKB sudah seteril. Karena kita melibatkan tim pencegahan Covid-19, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tanjungpinang dan Dinas Kesehatan Kota Tanjungpinang,” terang dia.

Baca Juga :  Pembebasan Lahan Sering Jadi Sandungan

Untuk sekedar diketahui bersama, Pemko Tanjungpinang hanya butuh 116 orang sebagai Aparatus Sipil Negara (ASN). Dari kuota tersebut, akan ditempatkan di tiga formasi.

Formasi tenaga pendidikan dibutuhkan di lingkungan Pemko Tanjungpinang sebanyak 85 orang. Lalu, formasi tenaga kesehatan dibutuhkan sebanyak 16 orang. Sedangkan formasi tenaga teknis hanya 15 orang.

“Jaga kesehatan. Kita sendiri yang menentukan keberhasilan ini semua,” sebut dia. (dri)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here