Terdakwa Dituntut Tujuh Tahun Penjara

0
97
Dua terdakwa kasus sabu-sabu saat mengikuti persidangan kemarin. F-raymon/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – Para pengedar dan pemakai jenis narkoba satu per satu mulai disidangkan di Pengadilan Negeri Tanjungpinang.

Rahmat dan Khairudin, dua terdakwa pengedar narkoba jenis sabu seberat 1,85 gram dituntut 7 tahun penjara oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) Indra Jaya di Pengadilan Negeri (PN) Tanjungpinang, Jumat (5/4).

Dalam tuntutannya, Indra menyatakan terdakwa terbukti bersalah pemufakatan jahat setiap orang yang tanpa hak atau melawan huku, menawarkan untuk dijual, menjual, membeli, menerima, menjadi perantara dalam jual beli.

Kemudian, menukar, atau menyerahkan narkotika golongan satu dalam bentuk bukan tanaman,sebagaimana melanggar pasal 114 ayat 1 Jo pasal 132 ayat 1 Undang-Undang Republik Indonesia No. 35 tahun 2009 tentang Narkotika.

”Menuntut terdakwa dengan tuntutan 7 tahun penjara dan denda Rp 1 miliar subsider 4 bulan penjara,” katanya.

Mendengar tuntutan itu terdakwa yang didampingi oleh Penasehat hukumnya menyatakan akan mengajukan pembelaan secara tertulis. Dengan demikian penasehat hukum terdakwa meminta waktu selama satu pekan.

Atas tuntutan itu, Ketua Majelis Hakim, Iriati Khoirul Ummah, serta didampingi oleh Majelis Hakim anggota Hendah Karmila Dewi dan Jhonson Sirait menunda persidangan selama satu pekan dengan agenda pembacaan pembelaan (Pledoi) dari terdakwa.

Dalam dakwaan JPU, kejadian penangkapan kedua terdakwa berawal pada saat terdakwa Rahmat menawarkan narkoba jenis sabu seberat Rp1,5 juta kepada Khairudin. Tetapi pada saat itu Khairudin tidak memiliki uang.

Sehingga terdakwa Khairudin mengatakan bahwa dirinya akan menjual sabu-sabu itu kepada orang lain. Sehingga keesokan hari mereka bertemuam di Jalan Musi Kijang Kecamatan Bintan Timur Kabupaten Bintan.Kemudian terdakwa Rahmat memberikan satu paket sabu.

Kemudian, setelah menerima sabu-sabu itu, terdakwa Khairudin langsung pulang dan setibanya di rumah kemudian terdakwa membagikan. Selanjutnya terdakwa Khairudin menawarkan sabu itu kepada terdakwa Busra yang dituntut terpisah jalan Barek Motor Kijang Kel. Kijang Kota Kecamatan Bintan Timur Kabupaten Bintan.

Tetapi pada saat di TKP sudah ada anggota Sat narkoba Bintan dan dilakukan penangkapan. Saat dilakukan penggeledahan badan ditemukan satu sabu seberat 1,85 gram, Sabtu (17/11) pukul 20.30 WIB. (ray)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here