Terdakwa Kabur, Sidangnya Berlanjut

0
570
Waher Tarihoran

NATUNA – KEPALA Seksi Pidana Umum ( Kasipidum) Kejaksaan Negeri (Kejari) Natuna Waher Tarihoran memastikan untuk kasus hukum terdakwa Warga Negara Asing (WNA) yang kabur dari Natuna beberapa bulan lalu terus berlanjut.

Ia menegaskan, perkara tersebut tidak boleh dihentikan. Waher Tarihoran menjelaskan, proses persidangan terhadap terdakwa itu bersifat in absensia (tidak dihadiri terdakwa). Langkah ini diperbolehkan oleh aturan dan perundang-udangan yang berlaku.

”Terdakwa WNA yang kabur itu proses hukumnya tetap berlanjut, dan tidak ada kata dihentikan. Walaupun ketidakhadiran para terdakwa, tetapi perkara hukumnya tetap kita sidangkan tapi in absensia,” kata Waher di kantornya, Rabu (18/10).

Ia melanjutkan, saat ini tahapan persidangan terdakwa WNA yang kabur itu sudah sampai pada tahapan pembacaan tuntutan di Pengadilan Adhoc Perikanan Pengadilan Negeri Natuna.

”Sekarang ini kita sudah membacakan tuntutan terhadap mereka. Tinggal menunggu tahapan persidangan selanjutnya,” ungkap Waher.

Ia mengaku sangat menyayangkan kaburnya terdakwa WNA tersebut, karena hal itu bisa menjadi kendala jalannya proses hukum.

”Tentu kami sangat menyesali keadaan ini. Kita mau bagaimana lagi, karena aturan tidak memungkinkan bagi kami untuk menahan terdakwa WNA yang tersangkut illegal fishing,” sesalnya.

Tahun ini terhitung, ada empat orang terdkwa WNA yang kabur dari penampungan Kejari Natuna.

Keempat terdakwa yang berasal dari negara Vietnam itu, masing masing bernama Nguyen Thanh Hung selaku nakhoda kapal ikan asing BV 0805 TS, Pham Van Hung selaku nakhoda kapal ikan asing BV 5548 TS, Phan Be selaku nakhoda kapal ikan asing BV 5549 TS, Nguyen Van Tien selaku nakhoda kapal ikan asing BV 95221 TS.(HARDIANSYAH)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here