Terkumpul 4 Ribu Tukik untuk Festival Padang Melang

0
998
Tukik: Pelepasan tukik di daerah konservasi Kabupaten Bintan.F-yendi/TANJUNGPINANG POS

ANAMBAS – Dalam melakukan persiapan Festival Padang Melang yang akan digelar pada Mei 2017 mendatang, target pelepasan tukik (anak penyu, red) sebanyak 5.000 ekor pada Festival Padang Melang mendatang akan terealisasi, bahkan tukik yang dilepaskan tersebut bisa melebihi target.

Pasalnya hingga saat ini telur penyu yang sudah dikumpulkan untuk ditetaskan itu sudah mencapai 4.000 lebih, jumlah tersebut belum termasuk tukik yang akan diberikan oleh Perusahaan Migas Primer Oil, yang rencananya akan menyumbang 1.500 tukik.

Seperti diketahui Pemerintah Daerah Anambas menargetkan pada Festival Padang Melang itu dapat memecahkan Rekor Musium Rekor Indonesia (MURI) untuk pelepasan tukik 5.000 ekor.

Baca Juga :  Masykur Jabat Plt Kadisparbud

Pelepasan ini jauh lebih banyak dari Maluku yang sebelumnya telah memecahkan rekor MURI yang melepaskan sebanyak 3.047 ekor anak penyu dipantai Liang Kecamatan Salahutu Kabupaten Maluku Tengah pada tahun 2016 silam.

”Hingga Mei mendatang bisa lebih 5.000 anak penyu yang akan dilepaskan nanti,” terang Samsuherman Kepala Bidang (Kabid) Pemberdayaan Nelayan Dinas Perikanan Pertanian dan Pangan KKA kemarin.

Kendati tidak berani berjanji Namun Samsuherman memastikan pada acara tersebut target yang sudah dipatok dapat terealisasi, karena secara teknis pihaknya sudah melakukan sejumlah persiapan diantaranya Telur sudah ada dikubur untuk ditetaskan. Penetasannya dilaksanakan secara alami dalam waktu 44 hari.

Baca Juga :  Wisata Bawah Laut Dipromosikan

”Untuk anak penyu yang baru menetas sudah dipindahkan di daerah Mubur disana kita suda menyiapkan dua keramba untuk memelihara anak penyu tersebut,” tukasnya.

Samsuherman menyampaikan untuk saat ini populasi penyu di Anambas masih sangat banyak, kendati demikian pihaknya terus melakukan perlindungan diantaranya dengan surat edaran Bupati.

Meskipun sudah ada surat edaran, ia mengakui masih ada telur penyu yang dijual. (cr29)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here