Terlambat Diambil, Kualitas Rastra Bisa Rusak

0
402
PETUGAS memindahkan 168 karung rastra ketika tiba di Aula Kantor Kelurahan Toapaya Asri, Senin kemarin.f-jendaras/tanjungpinang pos

BINTAN – Bantuan sosial beras sejahtera (bansos rastra) tahap ketiga, sudah mulai disalurkan ke beberapa kecamatan. Tahap awal, Perum Bulog mendistribusikan rastra untuk kebutuhan masyarakat di Kecamatan Toapaya dan Bintan Timur, Senin (12/8).

Sebanyak 168 karung beras ukuran 10 kilogram tiba di Aula Kelurahan Toapaya Asri. Masyarakat diminta segera mengambil. Sebab, dikhawatirkan menjadi makanan burung liar bila kelamaan disimpan di aula.

”Ya, biasanya hari ini (kemarin, red) sampai. 50 persennya sudah ngambil. Tapi kita ingatkan juga kepada RT, supaya berasnya segera diambil. Jika terlambat diambil, nanti kualitas rastra bisa rusak,” kata Nepy Purwanto, Lurah Toapaya Asri, Senin (12/8) kemarin.

Baca Juga :  262 Pegolf Ramaikan Piala Presiden BLR

Ia pun meminta warganya segera mengambil bantuan cuma-cuma tersebut. Selain takut jadi makanan burung, bila kelamaan disimpan juga mengurangi kualitas beras tersebut.

Nepy juga menyinggung keluarga penerima manfaat (KPM). Menurutnya, bagi keluarga yang sudah mapan (mampu), sudah tidak layak menerima rastra. Di kelurahannya sendiri, setidaknya ada 5 KPM yang dianggap sudah mapan, dan masih menerima bansos rastra.

”Kondisi penerima yang sudah mapan ini, sudah disampaikan kepada Dinas Sosial (Dinsos) selaku leading sector penyaluran rastra,” jelasnya.

Menurutnya, data tersebut melalui hasil verifikasi pihak kelurahan. Bahkan, di Kelurahan Toapaya Asri masih ada sekitar 10 KPM yang dinyatakan layak menerima bantuan cuma-cuma tersebut. Tapi sedang diusulkan.

Baca Juga :  BUMDes Gandeng BUMD Kembangkan Wisata Pantai

”Sebenarnya ada 10 KPM lagi yang kita usulkan. Tapi data penerimanya kan dari BPS Bintan. Kita menyampaikan saja kepada kepada pemerintah daerah,” jelasnya

Meski begitu, pihak kelurahan selalu bersabar. Ia berharap, data penerima rastra di daerahnya dapat diperbaharui. Sehingga keluarga yang sudah mapan tidak menerima lagi. Dan keluarga yang layak, bisa mendapatkan bantuan beras gratis tersebut. (aan)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here