Ternak Diserang Penyakit Kembung dan Diare

0
677
SAPI milik salah satu peternak di Kecamatan Bunguran Tengah yang terserang penyakit diare.F-ISTIMEWA

NATUNA – Musim penghujan yang melanda Natuna turut berdampak pada kesehatan hewan ternak warga. Banyak diantaranya mengalami kembung, serta penyakit diare.

Jumah, salah satu pemilik ternak di Kecamatan Bunguran Tengah menuturkan, sejak beberapa hari sapi miliknya nyaris tewas. Ia pun baru mengetahui, jika sapi miliknya terkena kembung setelah petugas kesehatan hewan ternak dari Dinas Pertanian Natuna melakukan pemeriksaan.

”Sapi betina milik saya tiba-tiba diare. Khawatir terjadi sesuatu, saya langsung kontek petugas hewan ternyata sudah empat hari sapi saya terkena diare,” kata Jumah di Ranai, Kamis (18/1).

Baca Juga :  Perwira Kostrad Meninggal di Tempat

Ia menjelaskan, tingginya curah hujan belakangan ini membut udara semakin dingin serta lembab dan sangat mempengaruhi ketahanan tubuh hewan ternak.

”Musim seperti ini memang seharusnya kita buatkan api unggun di sekitar kandang ternak. Cuma api unggun gak tahan lama, makanya wajar kalau banyak sapi kembung dan mencret,” jelas Jumah.

Menurutnya, jika tidak ditangani dengan cepat maka bisa berakibat pada kematian. Oleh karena itu, peternak harus waspada dan terus mengecek kesehatan hewan ternak.

”Sapi milik tetangga saya sudah ada yang mati karena kembung. Makanya cuaca seperti ini juga menjadi ancaman bagi peternak sapi,” tutupnya.

Baca Juga :  Komunitas Offroad Cat Masjid Al-Bihar

Kepala Dinas Pertanian Tengku Fauzan Tambusai mengatakan, sejauh ini belum ada laporan yang masuk kedinas terkait keluhan tentang banyak sapi yang terkena kembung dan diare. ”Infonya banyak sapi yang mengalami kembung, tetapi belum ada laporan dari warga ke dinas,” katanya. (hrd)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here