Terpidana Korupsi, Kembalikan Uang Rp 531 Juta

0
907
EKSPOS: Kajari Lingga Puji Triasmoro saat mengekspos pengembalian uang hasil korupsi Alkes dari terpidana Syamsuri.f-TENGKU IRWANSYAH/tanjungpinang pos

LINGGA – TERPIDANA kasus korupsi alat kesehatan (Alkes) di Dinas Kesehatan (Dinkes) Pemkab Lingga Syamsuri, menyerahkan uang hasil korupsi sebesar Rp 531 juta kepada Kejaksaan Negeri (Kejari) Lingga.

Dari jumlah itu, Rp 500 juta dikembalikan oleh terpidana Syamsuri dan Rp 31 juta dari saksi bernama Nasrizal. Penyerahan uang hasil korupsi tersebut, dikembalikan Syamsuri setelah dijatuhi hukuman penjara selama dua tahun. Kepala Kejari Lingga Puji Triasmoro mengatakan, pengembalian uang tersebut akan meringankan vonis terdakwa atau dikurangi subsider.

Baca Juga :  Desa Tanjung Harapan Jadi Percontohan

”Kami juga memberikan tuntutan, jika kerugian negara tidak dikembalikan oleh Syamsuri maka kami akan melakukan penyitaan terhadap barang-barang milik Syamsuri,” tegas Puji Triasmoro, Kamis (15/6). Rincian dana yang dikembalikan tersebut, berdasarkan keputusan dari Pengadilan Tindakan Pidana Korupsi (Tipikor) Tanjungpinang.

Keputusan tersebut, harus mengembalikan dana sebesar Rp 80 juta jika tidak dipatuhi maka Kejaksaan akan menyita barang-barang milik Syamsuri. Dalam keputusan, pihak pengadilan memerintahkan Jaksa Penuntut Umum (JPU) untuk mengembalikan dana Rp 420 juta yang dititip Syamsuri untuk disetor kepada Negara.

Baca Juga :  Ribuan Orang Ramaikan Pawai Taaruf STQ Lingga

Sedangkan uang sebesar Rp 31 juta lainnya adalah pengembalian dari Nasrizal.
Menurut Puji, Nasrizal tidak ditindaklanjuti oleh penyidik kepolisian dikarena nilai kerugian negara sangat kecil dan terlebih mengembalikan uang kerugian negara tersebut. Kasus korupsi alkes di Pemkab Lingga, melibatkan dua orang lainnya selain Syamsuri yang saat ini masih dalam penyidikan.(TENGKU IRWANSYAH)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here